“Persepsi Pemelajar Bahasa Jepang Otodidak Melalui Channel YouTube “Akane’s Japanese Class” Sebagai Media Pembelajaran”

Merina, Anne and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd., (2024) “Persepsi Pemelajar Bahasa Jepang Otodidak Melalui Channel YouTube “Akane’s Japanese Class” Sebagai Media Pembelajaran”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi pemelajar bahasa Jepang otodidak melalui channel YouTube “Akane’s Japanese Class” sebagai media pembelajaran. Fokus penelitian ini mencakup cara belajar berdasarkan tipe gaya belajar, tantangan yang dihadapi, solusi yang diterapkan, serta manfaat yang didapatkan. Penelitian ini menggunakan teori persepsi menurut Flavell (1976) dan teori belajar otodidak menurut Ali (2023) dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Jumlah responden sebanyak 15 responden dengan rincian 10 responden berasal dari Indonesia dan 5 responden berasal dari luar negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemelajar memberikan persepsi positif terhadap channel YouTube “Akane’s Japanese Class” yang dinilai efektif dalam mendukung berbagai gaya belajar, meningkatkan keterampilan mendengar, kemampuan berbahasa dan kepercayaan diri, serta memberikan wawasan budaya Jepang. Tantangan seperti kecepatan berbicara penutur asli dapat diatasi dengan latihan mandiri atau melakukan shadowing agar terbiasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Otodidak, Media Pembelajaran, Akane’s Japanese Class
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:44
Last Modified: 03 Mar 2025 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234394
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anne Meirina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item