Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (EMI) oleh Guru Prajabatan Indonesia: Tantangan dan Strategi dalam Praktik Pengajaran Internasional.

Prastia, Adam Arrasyd Riyanda and Dr. Frida Unsiah, S.Pd, M.Pd. (2024) Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (EMI) oleh Guru Prajabatan Indonesia: Tantangan dan Strategi dalam Praktik Pengajaran Internasional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (EMI) berkembang pesat di seluruh dunia seiring dengan semakin kuatnya posisi bahasa Inggris sebagai lingua franca. Akibatnya, kebutuhan akan guru sekolah menengah atas yang dapat mengajar menggunakan EMI semakin meningkat. Taiwan merupakan salah satu negara Asia yang telah menerapkan EMI dalam pendidikannya untuk mewujudkan misinya sebagai negara bilingual pada tahun 2030. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana seorang guru prajabatan menerapkan EMI dalam praktik mengajarnya di sekolah menengah atas di Taiwan. Dengan menerapkan metode penelitian naratif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi dan hambatan penerapan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar di ruang kelas tepatnya di tingkat menengah, serta perspektif guru prajabatan mengenai efektivitasnya. Peneliti menggunakan instrumen wawancara tertata yang terdiri dari 10 pertanyaan kepada mahasiswa guru prajabatan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki pengalaman mengajar pada praktik pengajaran internasional di Taiwan. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan EMI bermanfaat bagi peningkatan keterampilan bahasa Inggris dan karir masa depan guru prajabatan terutama dalam mengelola ruang kelas di lingkungan budaya yang berbeda. Tantangan yang dihadapi guru prajabatan meliputi kemampuan bahasa dan konten, performa bahasa siswa, dan interaksi kelas. Untuk mengatasi hal ini, guru prajabatan menerapkan beberapa strategi untuk mengatasi hambatan pengajarannya, seperti adaptasi cepat, memasukkan beberapa konten lokal, menerapkan menerjemahkan bahasa oleh asisten guru lokal, dan melakukan pemanasan untuk menarik minat siswa. Penelitian ini diharapkan dapat membantu program pelatihan guru untuk lebih membekali guru-guru prajabatan agar dapat menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar secara efektif dalam pembelajaran mereka di masa depan guna mendorong penggunaan bahasa Inggris di ruang kelas.

English Abstract

The use of EMI is rapidly growing worldwide along with the stronger position of English as a lingua franca. Consequently, there is a growing need for high school teachers who can teach using EMI. Taiwan is one of the Asian countries that have applied EMI in their education to realize their mission as a bilingual country by 2030. This study is aimed to explore how a pre-service teacher (PST) applied EMI in her teaching practice at high schools in Taiwan. By applying narrative inquiry method, this research aimed to explore the potentials and obstacles of implementing English Medium Instruction (EMI) in the classroom settings precisely in secondary level, as well as the perspectives of pre-service teacher on its effectiveness. The researcher used a guided interview instrument consisting of 10 questions to a PST student majoring in English Education who had teaching experience in International Teaching Practice in Taiwan. The findings show that the use of EMI is beneficial for the PST’s English skills improvement and future career especially managing classrooms in different culture environments. The challenges that PST faced include language and content ability, students’ language performance, and classroom interaction. To deal with these, the preservice teacher applied some strategies to cope with her teaching obstacles, such as quick adaptation, put some local content, applied translanguaging by teacher assistant, and put warming up to engaged with the students. It is expected that this research can help teacher training programs better equip pre-service teachers to effectively use English Medium Instruction (EMI) in their future lessons to promote the use of English in classroom settings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Guru Prajabatan, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar, Tantangan dan Strategi Guru Prajabatan, Praktik Pengajaran Internasional.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:44
Last Modified: 03 Mar 2025 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234375
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Farhan Al Hamid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item