Saskaviona, Erlianatasya and Asril Kurniadi, S.T., M.T (2024) Redesain Interior Kantor Pos Cabang Lawang Dengan Mengoptimalkan Fungsi Ruang Melalui Pendekatan Corporate Identity. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Pos Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman paket seperti surat dan barang. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pos Indonesia memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Layanan yang tersedia berupa pengiriman paket berupa barang atau surat, pembayaran uang pensiunan, layanan online (PosPay), dan pembayaran pajak. Untuk mendukung jalannya berbagai pelayanan tersebut tentunya diperlukan sarana, prasarana, serta fasilitas yang memadai bagi pengguna layanan. Pada Kantor Pos yang telah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1900-an ini terdapat kekurangan sebagai ruang pelayanan publik. Seperti kurangnya perhatian terhadap fasilitas karyawan, tampilan ruang yang belum memiliki corporate identity terbaru, dan peletakan furniture yang kurang sesuai. Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh pada kualitas pelayanan. Perancangan ulang ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas Kantor Pos Cabang Lawang yang lebih memadai dengan mengoptimalkan fungsi ruang sehingga bangunan memiliki pengorganisasian ruang dan furnitur yang lebih baik dari kondisi eksisting. Perancangan dilakukan melalui pendekatan corporate identity PT Pos Indonesia terbaru untuk penguatan identitas perusahaan dengan mengenalkan elemen desain berupa logo dan warna. Pada perancangan ulang interior kantor pos ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder yang nantinya akan dilakukan analisis data dan analisis konsep yang akan menghasilkan konsep makro dan mikro yang dapat diterapkan dalam redesain. Hasil penelitian akan berupa final desain yang memuat gambar kerja dalam bentuk 2D dan 3D juga video animasi yang nantinya akan didapatkan kesimpulan dari perancangan yang telah dibuat.
English Abstract
PT Pos Indonesia is a company that provides goods and mail delivery services. As a State-Owned Enterprise (BUMN), PT Pos Indonesia has many branches located across various cities, one of which is in Lawang District, Malang Regency. The services available are in the form of package delivery for goods or letters, retirees payments, online services (PosPay), and tax payments. To support the running of these various services, of course, it is necessary to have good facilities, infrastructure, and proper facilities for service users. At the Post Office, which has been established and operating since the 1900s, there are shortcomings as a public service space. Such as the lack of attention to employee facilities, the look of the office that does not have the newest corporate identity, and the layout of furniture that is not suitable. This will affect the quality of service. This redesign aims to provide more suitable facilities for the Lawang Branch Post Office by optimizing the function of the space so that the building has a better organization of space and furniture than the existing conditions. The design is based on the newest PT Pos Indonesia corporate identity to strengthen the company's identity by introducing design elements in the form of logos and colors. In this redesign of the post office interior using primary and secondary data collection methods which will be analyzed for data and concept that will create macro and micro concepts which can be applied in the redesign. The results of the research will be in the form of a final design that contains work drawings in 2D and 3D as well as animated videos which will later get conclusions from the design that has been made.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170385 |
Uncontrolled Keywords: | post office, space organization, corporate identity-kantor pos, organisasi ruang, corporate identity |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:40 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234039 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erlianatasya Saskaviona.pdf Restricted to Registered users only Download (37MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |