Guritno DPSW, BRA. Intan (2024) Peran Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada semester akhir perkuliahan, mahasiswa sudah masuk pada tahap pengerjaan skripsi. Pada fase ini, seringkali mahasiswa merasakan banyak tuntutan dan hambatan dalam proses pengerjaan skripsi sehingga mahasiswa memutuskan untuk melakukan penundaan atau prokrastinasi, walaupun mahasiswa merasa tidak nyaman dan sadar bahwa perilaku tersebut merupakan perilaku yang tidak baik. Oleh karena itu, diperlukan regulasi diri untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran regulasi diri terhadap prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Strata 1 (S1) berstatus aktif di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 204 (laki-laki 37.7%, perempuan 62.3%). Penelitian ini menggunakan Short Self Regulation Questionnaire (SSRQ) untuk mengukur regulasi diri dan Adult Inventory Procrastination (AIP) untuk mengukur prokrastinasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan hasil yang didapatkan adalah terdapat peran regulasi diri terhadap prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan regulasi diri serta memperhatikan berbagai variabel yang dapat menunjang regulasi diri.
English Abstract
In the final semester of study, students have begun writing a thesis. In this phase, students often feel that there are many demands and obstacles in the process of working on their thesis so that students decide to postpone or procrastinate, although students feel uncomfortable and are aware that this behavior is bad. Therefore, self-regulation is needed to overcome this behavior. The aim of this research is to determine the role of self-regulation on procrastination in final year students. Respondents in this study were final year undergraduate students with active status throughout Indonesia with a total of 204 respondents (men 37.7%, women 62.3%). This study used the Short Self Regulation Questionnaire (SSRQ) to measure self-regulation and the Adult Inventory Procrastination (AIP) to measure procrastination. Data analysis uses simple linear regression and the results obtained are that self-regulation plays a role in procrastination in final year students. The implication of this research is that it is hoped that students can improve self-regulation and pay attention to various variables that can support selfregulation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 04:27 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234003 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Intan Guritno DPSW.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |