Masyarakat Miskin Kota dan Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Perilaku Konsumsi Masyarakat Miskin Kota Malang Terhadap Kebutuhan tersier)

Satrio Utomo, Sambu (2024) Masyarakat Miskin Kota dan Gaya Hidup Hedonisme (Studi Pada Perilaku Konsumsi Masyarakat Miskin Kota Malang Terhadap Kebutuhan tersier). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai bagaimana masyarakat yang mengalami kemiskinan mengenai perilaku konsumsi mereka terhadap kebutuhan tersier. Meskipun kondisi ekonomi yang kurang seharusnya mendorong masyarakat miskin di Kota Malang untuk memprioritaskan pengeluaran mereka pada kebutuhan dasar, namun pada kenyataannya masih terdapat masyarakat miskin yang lebih memilih untuk mendahulukan pada kebutuhan tersier tanpa membatasi pengeluaran untuk kebutuhan primer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana peneliti memperoleh data yang mendalam dan mendukung kesimpulan yang kredibel. Gaya hidup hedonisme dari masyarakat miskin tercermin dalam perilaku konsumsi mereka terhadap barang branded, memenuhi kebutuhan hiburan, dan penggunaan media sosial untuk meningkatkan status sosial dan merancang citra diri yang seolah menunjukkan sebagai orang kaya atau kelas menengah atas. Fenomena ini mencerminkan adanya simulakra, di mana citra diri seseorang dibangun melalui simulasinya sendiri. Temuan penelitian ini mengaitkan dengan teori masyarakat konsumsi oleh Jean Baudrillard, yang menyoroti bagaimana perilaku konsumsi masyarakat miskin dalam membeli barang tertentu dipengaruhi oleh sign value (nilai tanda) yang melekat pada suatu barang, serta penggunaan media sosial sebagai alat untuk merepresentasikan diri dalam hiperrealitas. Selain itu, terdapat juga faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat miskin melakukan perilaku konsumsi terhadap kebutuhan tersier dan dampak akibat dari perilaku konsumsi tersebut.

English Abstract

The study analyzes how poor communities behave in terms of their consumption behavior towards tertiary needs. Despite the less ideal economic conditions that should force the poor in Malang city to prioritize their spending on basic needs, reality shows that there are still poor individuals who choose to give priority to tertiary needs without limiting expenses to primary needs. The research uses qualitative methods with a descriptive approach, in which researchers acquire in-depth data to support reliable conclusions. The hedonistic lifestyle of poor communities is reflected in their consumer behavior towards branded goods, meeting entertainment needs, and using social media to improve their social status and create images that portray themselves as rich or upper middle class. This phenomenon reflects the presence of a simulacra, in which a person's self-image is built through their own simulation. The findings of this research are related to Jean Baudrillard's consumer society theory, which highlights how low-income community consumption behavior in purchasing certain goods is influenced by the value of the brand associated with the product and the use of social media as a tool for self-representation in hyperreality. Besides, there are also factors that drive lowincome communities to engage in consumption behavior towards tertiary needs and the consequent impact of these consumptive behaviors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 17 Dec 2024 02:27
Last Modified: 17 Dec 2024 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233855
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sambu Satrio Utomo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item