Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Daging (Studi Kasus Di Fran's Meat Shop Malang)

Alvarizi, Mochamad Nauval and Ir. Hari Dwi Utami, MS., M.Appl.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (2023) Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Daging (Studi Kasus Di Fran's Meat Shop Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram adalah bentuk komunikasi yang dimana pebisnis dapat dengan mudah berbagi informasi mengenai produk dalam bentuk gambar atau video. Pengguna Instagram lain dapat menyukai, berkomentar, dan berinteraksi pada sebuah postingan. Dengan cara ini, pengguna Instagram dapat melihat produk yang ditawarkan melalui gambar atau video tersebut. Semakin banyaknya pengguna Instagram membuat sebagian pelaku usaha memanfaatkannya sebagai alat untuk mendukung promosi bisnis. Inovasi produk, konten yang menarik, dan komunikasi yang terorganisir dengan baik menjadi kunci untuk membuat konsumen terkesan dan meningkatkan minat konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan. Melihat kondisi persaingan dunia bisnis saat ini menunjukkan bahwa kondisi pemasaran produk di pasar sangat dinamis dan semakin ketat, sehingga pemasar berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan pasar sesuai dengan tujuannya. Saat ini banyak bermunculan toko daging yang memasarkan produknya melalui media sosial, termasuk Fran's Meat Shop. Tujuannya untuk menambah jangkauan dan memudahkan konsumen membeli melalui sistem pemesanan online. Hal ini membuat persaingan semakin sulit, sehingga Fran's Meat Shop harus memiliki strategi yang tepat untuk dapat bersaing. Fran's Meat Shop harus memperhatikan penggunaan media sosial sesuai target pasarnya agar pesan yang disampaikan efisien, efektif, dan sampai ke konsumen. Penelitian ini dilakukan di Fran's Meat Shop yang beralamat di Jl. Siwalan No. 4, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, 65146 pada tanggal 3 Juni hingga 27 Juni 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen, deskripsi keputusan pembelian konsumen, dan pengaruh social media marketing Instagram terhadap keputusan pembelian produk daging di Fran's Meat Shop Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan data menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden pada penelitian ini yaitu responden merupakan follower dari akun Instagram @fransmeatshop, berusia minimal 17 tahun, dan sudah pernah melakukan transaksi pembelian produk daging di Fran's Meat Shop minimal satu kali. Responden ditentukan dengan pedoman dari Sugiyono (2013) karena jumlah populasi tidak diketahui. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 200 orang. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada sampel yang sudah ditentukan sebagai penelitian. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, atau referensi lain yang sesuai dengan apa yang diteliti oleh penulis. Data hasil kuesioner diolah menggunakan analisis faktor dan multiple regression analysis. Berdasarkan analisis faktor, maka terbentuk 6 faktor baru dari 16 variabel social media marketing yang memengaruhi keputusan pembelian produk daging di Fran's Meat Shop. Faktor tersebut diberi nama menjalin komunikasi melalui direct message dan WhatsApp (F1), jumlah tanggapan dan memanfaatkan fitur bagikan konten (F2), jumlah klik dan memanfaatkan fitur Instagram story (F3), penggunaan caption dan menciptakan diskusi pada konten (F4), kualitas konten dan pertumbuhan pengikut baru (F5), serta kolaborasi dengan influencer dan frekuensi mengunggah konten (F6). Multiple regression analysis bertujuan untuk menguji hubungan antara variabel independen usia (X5), jenis kelamin (X6), pendidikan terakhir (X7), pekerjaan (X8), pendapatan perbulan (X9), pengalaman menggunakan media sosial Instagram (X10), menjalin komunikasi melalui direct message dan WhatsApp (F1), jumlah tanggapan dan memanfaatkan fitur bagikan konten (F2), jumlah klik dan memanfaatkan fitur Instagram story (F3), penggunaan caption dan menciptakan diskusi pada konten (F4), kualitas konten dan pertumbuhan pengikut baru (F5), dan kolaborasi dengan influencer dan frekuensi mengunggah konten (F6) dengan variabel dependen keputusan pembelian (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 29% yang memiliki arti bahwa persentase hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 29%, sedangkan sisanya 71% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk ke dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif terhadap variabel dependen. Uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel F5 "Kualitas konten dan pertumbuhan pengikut baru" dan F6 "Kolaborasi dengan influencer dan frekuensi mengunggah konten". Disimpulkan bahwa karakteristik konsumen Fran's Meat Shop didominasi oleh perempuan berusia 24-29 tahun dengan pendidikan terakhir di perguruan tinggi yang bekerja sebagai wiraswasta/wirausaha dengan penghasilan perbulan sebesar Rp10.000.000-Rp15.000.000 dan memiliki pengalaman menggunakan sosial media Instagram lebih dari dua tahun. Keputusan pembelian ini didasari oleh keinginan konsumen untuk melakukan pembelian ulang, kemantapan produk, kebiasaan dalam membeli dan mengonsumsi, serta memberikan rekomendasi produk daging di Fran's Meat Shop kepada orang lain. Social media marketing dengan variabel kualitas konten, pertumbuhan pengikut baru, kolaborasi dengan influencer, dan frekuensi menunggah konten berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk daging di Fran's Meat Shop. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah diharapkan peneliti lain dapat melakukan pengembangan lebih lanjut dengan menguji variabel lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian, sehingga cakupan penelitian dapat diperluas. Selain itu, diharapkan Fran's Meat Shop dapat membuat konten di media sosial Instagram yang lebih menarik untuk meningkatkan jumlah engagement seperti jumlah like, komentar, dan share.

English Abstract

Research was conducted at Fran's Meat Shop, Malang City, East Java Province. This study proposed to determine (i) the characteristics of consumers (ii) consumers purchasing decisions (iii) the influence of social media marketing on purchasing decisions for meat products at Fran's Meat Shop Malang. 200 respondents were selected by purposive sampling, with the criteria being that they were followers of the Instagram account @fransmeatshop, at least 17 years old, and had made a purchase transaction for meat products at Fran's Meat Shop at least once. Data collection was held from June 3rd 2023 to 27th June 2023. Online survey with google form was implemented to gather primary data. Factor and multiple regression analysis technique was applied to analyze the data using the software SPSS version 26. Results showed first that the characteristics of Fran's Meat Shop consumers were dominated by women aged 24-29 years with the last education in tertiary institutions who work as entrepreneurs with a monthly income of IDR10,000,000–IDR15,000,000 and have experience using Instagram social media for more than two years. Second, this purchase decision was based on consumers desire to repurchase, product stability, buying and consuming habits, and providing recommendations for meat products at Fran's Meat Shop to others. Third, social media marketing with variable quality of content, growth of new followers, collaboration with influencers, and frequency of uploading content increased on purchasing decisions for meat products at Fran's Meat Shop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: meat, purchasing decisions, social media marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:17
Last Modified: 12 Dec 2024 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233785
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochamad Nauval Alvarizi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item