Has, Rika Rialni and La Ode Machdani Afala, S.IP., M.A (2024) Analisis Pemberitaan Online Dan Konten Media Sosial Partai Gerindra Terhadap Citra Kelembagaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Arus digitalisasi yang kian berkembang membuat penggunaan twitter sebagai media komunikasi tak lepas dari pemanfaatan oleh bidang professional yakni partai politik guna komunikasi dua arah agar lebih dekat dengan masyarakat luas untuk membawa harapan penyerapan aspirasi dari berbagai kalangan. Partai Gerindra yang memiliki total unggahan sebanyak kurang lebih 126 ribu kali dengan 671 ribu pengikut ini unggul atas berbagai unggahan konten yang dinilai oleh warganet sebagai akun Twitter atau X Partai Politik yang selaras dengan selera generasi terkini menjadikan pamor Partai Gerindra kian melambung tinggi beberapa waktu belakangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Framing Media Sosial Twitter Partai Gerindra terhadap Citra Kelembagaan dalam rentang waktu sejak bulan Mei hingga bulan Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan Teori Framing dari Robert N. Entman yang melihat framing dengan Issue Selection dan Highlighting Certain Aspects of an Issue. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, serta teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cara Partai Gerindra melalui Twitter @Gerindra berkomunikasi dengan pemilih dan masyarakat melalui media sosial dinilai memiliki komunikasi yang efektif juga interaktif serta transparan sehingga terbukti meningkatkan citra positif Partai Gerindra. Pada Issue Selection, Twitter @Gerindra mayoritas membahas isu di bidang politik dan pemerintahan, pendidikan, serta ekonomi. Ketiganya menjadi tema dominan yang dibawa untuk pemilihan umum 2024 mendatang. Hal ini dibuktikan pada Highlighting Certain Aspects Of An Issue dengan Insight tertinggi pada Twitter @Gerindra dengan isu di bidang politik dan pemerintahan berupa unggahan koalisi pemilihan presiden, kampanye, dan penghargaan bilateral militer. Adapun Isu di bidang pendidikan yakni Indonesia Emas 2045 dengan penguatan sumber daya manusia sedari dini. Penekanan isu di bidang ekonomi juga menempati salah satu dari klusterisasi isu yang paling banyak dibahas pada media sosial Twitter @Gerindra, dengan pencanangan lima program ekonomi utama serta pemberdayaan masyarakat dari kader Partai Gerindra. Penanganan isu kontroversial dan isu krisis lainnya juga dibuktikan atas respons akun Twitter @Gerindra yang terlibat aktif dalam penyelesaian berbagai isu tersebut maupun informasi lainnya.
English Abstract
The growing flow of digitalisation has made the use of Twitter as a communication medium inseparable from the use by the professional field, namely political parties for two-way communication to get closer to the wider community to bring hope for the absorption of aspirations from various groups. The Gerindra Political Party, which has a total upload of approximately 126 thousand times with 671 thousand followers, excels at various content uploads which are considered by netizens as a political party Twitter account that is in tune with the tastes of the latest generation, making the Gerindra Political Party prestige soar in recent times. This study aims to analyse of Gerindra Political Party Framing on Social Media Twitter towards Institutional Image in the time span from May to October 2023. This research uses Robert N. Entman's Framing Theory which sees framing with Issue Selection and Highlighting Certain Aspects of an Issue. The research method used in this research is descriptive qualitative method, and data collection techniques through documentation and interviews. The results of this study indicate that the way the Gerindra Political Party through Twitter @Gerindra communicates with voters and the public through social media is considered to have effective communication as well as interactive and transparent so that it is proven to increase the positive image of the Gerindra Party. In Issue Selection, Twitter @Gerindra mostly discusses issues in politics and government, education, and the economy. These three are the dominant themes brought up for the upcoming 2024 general election. This is evidenced in Highlighting Certain Aspects Of An Issue with the highest Insight on Twitter @Gerindra with issues in politics and government in the form of uploads of presidential election coalitions, campaigns, and military bilateral awards. The issue in the field of education is Indonesia Emas 2045 by strengthening human resources from an early age. Emphasis on issues in the economic field also occupies one of the most discussed issue clusterings on @Gerindra's Twitter social media, with the declaration of five main economic programs and community empowerment from Gerindra Political Party cadres. The handling of controversial issues and other crisis issues is also evidenced by the response of the @Gerindra Twitter account, which is actively involved in resolving these issues and other information.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110260 |
Uncontrolled Keywords: | Framing, Media Sosial, Partai Gerindra, Citra Kelembagaan.Framing, Social Media, Gerindra Political Party, Institutionalism Image |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 05:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 05:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233725 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rika Rialni Has.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |