Rusdi, Muhammad Alhimni and Reza Safitri, Ph.D (2023) Presentasi Diri Joko Widodo melalui reels akun Instagram @jokowi dalam Program Jurnal Sepekan (Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Konten reels @jokowi melalui Program Jurnal Sepekan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seperti layaknya manusia pada umumnya, seorang politisi juga bertindak layaknya seorang aktor yang memainkan sebuah peran dalam proses komunikasinya. Hal ini disebabkan komunikasi politik melibatkan serangkaian proses komunikasi oleh seorang aktor politik, agar dapat meraih tujuan seperti mendapatkan suara publik, menjaga kelangsungan penjabatan, hingga diterimanya kebijakan yang dicetuskan dihadapan masyarakat. Kini, media sosial hadir untuk memberikan pembaruan, dari yang sebelumnya pesan komunikasi politik memerlukan keterlibatan pers dan media massa, menjadi konsep penyebaran pesan dengan mengandalkan konsep user-generated content. Penelitian ini mencoba menganalisis bagaimana presentasi diri yang dilakukan oleh seorang aktor politik di Indonesia. Persoalan yang dikaji adalah Presentasi diri yang dilakukan dengan melakukan impression management melalui konten reels. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam rangka mendeskripsikan data mengenai Presentasi Diri Presiden Joko Widodo, dengan menggunakan kacamata impression management dengan pengumpulan data melalui observasi akun Instagram @jokowi sepanjang bulan Oktober 2022. Penelitian ini dianalisis dengan melakukan teknik analisis Philipp Mayring, dalam melakukan analisis konten kualitatif. Hasil Penelitian ini didapatkan bahwa, Presentasi Diri Presiden Joko Widodo dilakukan dengan menyajikan informasi yang mengesankan Presiden Jokowi sebagai sosok yang kompeten dan kredibel, melalui ungkapan lisan dalam bentuk oral statement dan juga penayangan informasi dalam bentuk slideshow, yang disajikan melalui serangkaian informasi kegiatan presidensial yang dilakukan selama satu pekan. Presentasi Diri joko widodo disajikan menggunakan teknik Slideshow, Soundbites, dan juga Penekanan atau Emphasis pada konten, sehingga konten dapat tersaji dengan format yang sederhana, cepat, dan muda diserap oleh audiens.
English Abstract
Like how humans in general do, politician does resembles an actors who plays a role in the communication process. This is because political communication involves a series of communication processes by a political actor, in order to achieve goals such as getting the public's voice, maintaining the continuity of office, until the acceptance of policies initiated in front of the public. Now, social media is here to provide updates, from previously political communication messages requiring the involvement of the press and mass media, to the concept of spreading messages by relying on the concept of user-generated content. This study attempts to analyze how self-presentation is carried out by a political actor in Indonesia. The problem studied is self-presentation which is done by doing impression management through content reels. This study uses a qualitative research method in order to describe data regarding President Joko Widodo's Self Presentation, using an impression management lens by collecting data through observing the Instagram account @jokowi throughout October 2022. This research is analyzed using the Philipp Mayring analysis technique, in conducting content analysis qualitative The results of this study found that, President Joko Widodo's Self Presentation was carried out by presenting information that impressed President Jokowi as a competent and credible figure, through oral expressions in the form of oral statements and also displaying information in the form of slideshows, which were presented through a series of information on presidential activities carried out for 1 week. Joko Widodo's self-presentation is presented using Slideshow techniques, Soundbites, as well as Emphasis or Emphasis on content, so that content can be presented in a format that is simple, fast, and easily absorbed by the audience
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110131 |
Uncontrolled Keywords: | Presentasi Diri, Instagram, Impression Management, Jurnal Sepekan, Analisis Isi Konten Kualitatif-Self-presentation, Instagram, Impression Management, Jurnal Sepekan, Qualitative Content Analysis. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 05:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 05:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233721 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Alhimni Rusdi.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |