Semiotic Analysis On Connotative Meanings Of Public Service Advertisement Suara Hati Anak

Muhammad, Filianto (2017) Semiotic Analysis On Connotative Meanings Of Public Service Advertisement Suara Hati Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penanda, petanda dan mengidentifikasikan makna konotasi yang terdapat pada setiap tanda dalam iklan layanan masyarakat Suara Hati Anak berdasarkan teori order of signification oleh Roland Barthes (1972). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sumber data diambil dari iklan layanan masyarakat oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang berjudul Suara Hati Anak, yang dijadwalkan akan ditayangkan di stasiun televisi nasional selama empat minggu sampai 10 Juni 2016. Ada dua hal yang bisa disimpulkan dalam penelitian ini berdasarkan analisis data. Pertama, ada penanda dan petanda sebagai bagian dari denotasi pada tingkat denotatif yang ditemukan pada iklan layanan masyarakat Suara Hati Anak. Penanda ini dapat ditemukan di setiap elemen mencolok yang digambarkan pada adegan yang muncul sesuai konsepnya sebagai penanda makna tersebut. Penanda dan petanda sama-sama saling mendukung untuk menciptakan kerangka gagasan plot. Kedua, semua yang ditandai dari denotasi sebagai urutan pertama penandaan menjadi penanda konotasi sebagai urutan kedua penandaan. Penulis menganalisisnya dengan menggunakan teori Roland Barthes, juga dianalisis berdasarkan pesan yang terkandung. Selain itu, iklan layanan publik ini nampaknya dikombinasikan dengan penerapan metode "Oposisi Biner" yang ditemukan oleh Saussure untuk mendapatkan pemahaman yang sangat akurat dari para penonton karena pesan tersebut akan menjadi lebih jelas dan terfokus, karena kemampuannya untuk mengklarifikasi makna menggunakan penggambaran sebaliknya. Bagi peneliti selanjutnya yang juga ingin fokus dalam menganalisa metode "Oposisi Biner", peneliti menyarankan untuk menggunakan metode lain dalam mengumpulkan data, seperti, memberi wawancara atau kuesioner kepada audiens atau pendengar, dan menanyakan interpretasi mereka sebagai respon dari implementasi "Oposisi Biner" dalam sebuah iklan. Dengan menggunakan metode lain, peneliti selanjutnya tidak hanya mendapatkan informasi lebih spesifik berdasarkan interpretasi mereka sendiri, namun juga dapat meningkatkan pemahaman terhadap bagaimana dampak implementasi "Oposisi Biner" dalam sebuah iklan dalam hal kemampuan mengklarifikasi makna dengan menggunakan yang visualisasi berlawanan.

English Abstract

This study was conducted to find out the signifier and signified and identify the connotative meanings exemplified by each sign found within the public service advertisement Suara Hati Anak based on orders of signification theory by Roland Barthes (1972). This research used descriptive qualitative method and the data sources were taken from the public service advertisement by Ministry of Health Republic of Indonesia entitled Suara Hati Anak, which was scheduled to be aired on national television stations for four weeks until June 10th, 2016. There are two points that can be drawn in this research based on the data analysis. First, there are signifier and signified as a part of denotation at denotative level that were found in the public service advertisement Suara Hati Anak. The signifier can be found in every prominent elements depicted on the scenes which come up to its concept as the signified of the plot. Both signifier and signified supporting each other to create the framework of the plot ideas. Secondly, all the signified from denotation as the first order of signification becomes the signifier for the connotation as the second order of signification. The writer analyzed it by using Roland Barthes theories, also analyzed based on the messages of the plot. In addition, this public service advertisement seems to be combined with the implementation of “Binary Opposition” method found by Saussure in order to achieve highly accurate understanding from the audience as the messages will be clear and focused, due to its ability to clarify meanings using opposite visuals. For the next researchers who also want to concern in analyzing “Binary Opposition” method, the researcher suggests to use other methods in collecting the data, like, giving interview or questionnaire to the audience or listeners, and asking about their interpretation as the response of the “Binary Opposition” implementation within an advertisement. By using other methods, the next researchers do not only get more specific information based on their own interpretation, but also can improve the comprehension towards how impactful the implementation of “Binary Opposition” within an advertisement in terms of the ability of clarifying meanings using opposite visuals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/576/051707355
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Model Barthes, Denotasi, Penanda, Petanda, Makna Konotasi, Iklan Layanan Masyarakat, dan Suara Hati Anak.
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.43 Semantics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:43
Last Modified: 15 Dec 2021 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2337
[thumbnail of 135110100111047_BAB 2.pdf]
Preview
Text
135110100111047_BAB 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 135110100111047_BAB 3.pdf]
Preview
Text
135110100111047_BAB 3.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 135110100111047_BAB 4.pdf]
Preview
Text
135110100111047_BAB 4.pdf

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of 135110100111047_BAB 5.pdf]
Preview
Text
135110100111047_BAB 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 135110100111047_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
135110100111047_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 135110100111047_BAB 1.pdf]
Preview
Text
135110100111047_BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item