Sofyanda, Erika Yussi and Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D (2024) Pengembangan Konten Pembelajaran Pada Platform Belajar Letscode Menggunakan Metode Addie (Studi Kasus : Program Studi Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Mata Kuliah Pemrograman Dasar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pentingnya pengembangan materi pembelajaran pada platform seperti LetsCode terletak pada kebutuhan akan metode yang efektif dan terstruktur dalam mengajarkan keterampilan pemrograman. Oleh karena itu, pengembangan materi pembelajaran yang tepat dapat membantu mengatasi kesenjangan tersebut. Penelitian ini menguraikan proses tahapan pengembangan materi pembelajaran di platform LetsCode menggunakan pendekatan metodologi ADDIE. Tahapannya mencakup Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Analisis awal mencakup evaluasi platform LetsCode, kurikulum, materi pemrograman, dan penelitian sebelumnya untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan dan standar yang berlaku. Tahap design mencakup perencanaan materi, eksperimen, soal, dan storyboard untuk memastikan semua elemen pembelajaran terstruktur dengan baik. Pengembangan konten melibatkan validasi oleh ahli materi dan media, serta uji coba soal untuk memastikan kualitas pembelajaran yang optimal. Implementasi diuji dengan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan evaluasi melibatkan penilaian dari ahli media dan materi serta perhitungan n-gain untuk menilai efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain dari pretest dan posttest sebesar 0,66, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Uji hipotesis memperlihatkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa konten pembelajaran yang dikembangkan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
English Abstract
The importance of developing learning materials on a platform like LetsCode lies in the need for an effective and structured method in teaching programming skills. Therefore, developing appropriate learning materials can help address this gap. This study describes the process of developing learning materials on the LetsCode platform using the ADDIE methodology approach. The stages include Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). The initial analysis includes evaluating the LetsCode platform, curriculum, programming materials, and previous research to ensure they are in accordance with applicable needs and standards. The design stage includes planning materials, experiments, questions, and storyboards to ensure that all learning elements are well structured. Content development involves validation by material and media experts, as well as testing questions to ensure optimal learning quality. Implementation is tested with a pretest and posttest in the control and experimental classes, while evaluation involves assessments from media and material experts and n-gain calculations to assess learning effectiveness. The results showed that the average N-Gain of the pretest and posttest was 0.66, which is included in the fairly effective category. The hypothesis test showed a significance value of 0.000, indicating that the developed learning content had a significant effect on improving student understanding in the experimental class compared to the control class.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042415 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Konten Pembelajaran, Hasil Belajar, Metode ADDIE-Learning Content Development, Learning Outcomes, ADDIE Method |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233660 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erika Yussi Sofyanda.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |