Lewar, Yuliana Andriany and Ns. Dewi Purnama Sari, S.Kep, M.Kep., Sp. Kep. M.B (2024) Efektifitas Metode Permainan Puzzle terhadap Penurunan Kecemasan Anak Pra Sekolah Yang Menjalani Perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Lewoleba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hospitalisasi merupakan keadaan yang sering menimbulkan pengalaman traumatis atau kecemasan, terutama pada pasien anak. Hal ini dapat menghambat proses penyembuhan pada anak usia pra-sekolah yang menjalani perawatan. Terapi bermain puzzle merupakan salah satu metode yang memanfaatkan alat permainan puzzle untuk anak pra-sekolah yang mengalami kecemasan hospitalisasi. Melalui metode permainan puzzle diharapkan dapat memberikan rasa senang dan mengalihkan perasaan stres emosional yang dialami anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian metode permainan puzzle terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia pra-sekolah yang menjalani perawatan di RSUD Lewoleba Lembata Propinsis NTT. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan one-group pre test dan post test without control. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sample 32 responden anak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan anak pra-sekolah adalah FIS (Face Image Scale). Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank. Hasil Pre test didapatkan sebagian besar responden anak mengalami kategori tingkat kecemasan berat sebanyak 18 orang (56,3%) dan hasil post test sebagian besar responden anak mengalami kategori tingkat kecemasan ringan sebanyak 15 orang (46,8%). Uji statistik diperoleh nilai p 0.000 (p < 0.05), hal ini menunjukkan bahwa intervensi permainan puzzle berkontribusi secara nyata terhadap penurunan tingkat kecemasan pada responden. Sehingga anak yang mengalami kecemasan hospitalisasi dapat diberikan metode permainan puzzle untuk mengurangi respons kecemasan yang dialami.
English Abstract
Hospitalization is a condition that often causes traumatic experiences or anxiety, especially in child patients. This can hinder the healing process in preschool children undergoing treatment. Puzzle play therapy is one method that utilizes puzzle game tools for preschool children who experience hospitalization anxiety. Through the puzzle game method, it is expected to provide a sense of pleasure and divert feelings of emotional stress experienced by children. This study aims to know the effect of providing the puzzle game method on reducing anxiety levels in preschool children undergoing treatment at Lewoleba Regional Hospital, Lembata, NTT Province. This study used a pre-experimental research design with a one-group pre-test and post-test without control approach. This study used a purposive sampling technique. The sample size was 32 child respondents. The instrument used to measure the level of anxiety in preschool children was the FIS (Face Image Scale). Data were analyzed using the Wilcoxon Signed Rank statistical test. The pre-test results showed that most child respondents experienced a severe anxiety level category of 18 people (56.3%) and the posttest results showed that most child respondents experienced a mild anxiety level category of 15 people (46.8%). The statistical test obtained a p value of 0.000 (p <0.05), this indicates that the puzzle game intervention contributed significantly to reducing the level of anxiety in respondents. So that children who experience hospitalization anxiety can be given a puzzle game method to reduce the anxiety response they experience.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Uncontrolled Keywords: | Anak pra-sekolah, puzzle, kecemasan-Pre-school, puzzle, anxiety |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 06:43 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233565 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuliana Andriany Lewar.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |