Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengeiolaan Administrasi Sekolah Dasar (Suatu Stud* Pada Sekolah Dasar Di Kelurahan Loa Bakung - Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda )

Syarifuddin, - and Prof. Drs. Ismani, HP.,MA and DR. Hartutiningsih, M S (2002) Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengeiolaan Administrasi Sekolah Dasar (Suatu Stud* Pada Sekolah Dasar Di Kelurahan Loa Bakung - Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda ). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan sudah merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda Iagi. Sekolah dasar sebagai salah satu wadah utama dan menjadi dasar pengembangan pendidikan pada strata selanjutnya mempunyai peranan yang penting. Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar tidak dapat lepas dari peranan kepala sekolah dalam mengelola administrasi yang merupakan salah satu tugas yang harus dijalankannya. Penelitian ini mencoba untuk membuat deskripsi tentang kineija kepala sekolah dasar di dalam mengelola sistem administrasi sekolah, dengan melakukan studi pada tiga sekolah dasar yang ada di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur). Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui kineija kepala sekolah dasar dalam menyelenggarakan pendidikan di lingkungan keijanya. Kedua, untuk mengetahui pengelolaan administrasi sekolah seperti administasi pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, dan perlengkapan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan penelitian ini tidak hanya terbatas pada pengumpulan dan penyusunan data tetapi meliputi analisis dan interpretasi data yang telah dikumpulkan dan segala sesuatu dalam penelitian ini ditentukan dari hasil pengumpulan data yang mencerminkan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kineija kepala sekolah dasar belum memenuhi standar kuantitas, kualitas dan pengetahuan penyelesaian pekeijaan, karena kepala sekolah masih harus berperan ganda sebagai pimpinan juga sebagai pengelola administrasi. Faktor utama penyebab rendahnya kinerja kepala sekolah tersebut adalah minimnya tenaga guru, fasilitas yang tidak memadai, dan tidak didukung oleh staf administrasi. Di dalam pengelolaan administrasi sekolah yang meliputi lima bidang, yakni pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan, hanya bidang kesiswaan saja yang sudah terselenggara dengan baik.

English Abstract

Education quality improvement has been declared as imperative task that must be implemented. The elementary schools have important role as one of the main institution of basic education and fundamental of higher education level. Education quality improvement efforts in the elementary school are the most important duty of the school headmaster associated with administrative management task. This study describes the performance of the elementary school headmaster in managing the school administration using case study in three elementary school at Loa Bakung Village, subdistrict of Sungai Kunjang, Samarinda, East Kalimantan. This study aimed at: Firstly, to assess the performance of elementary school headmaster in accomplishing education in his/her working environment. Secondly, to describe the administrative management such as teaching, student, official, financial and inventory administration. As the case study, this research utilized the descriptive method with qualitative approach involving the data collection and analysis techniques and interpretation as well. The data collection has been done in such way that reflecting the real condition in site. The results indicate that in general the elementary school headmasters have low performance based on target of quantity and quality of the duty have to be done. They have to accomplish, beside as leader, the administrative tasks. The main factors affecting this condition are insufficient of teacher staff, poor and incomplete facilities, and lack of administrative staff. In the area of school administrative management, consists of teaching, student, official, financial and inventory administration; only student administration can met the performance standard requirements.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040203
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:28
Last Modified: 10 Dec 2024 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233561
[thumbnail of SYARIFUDDIN.pdf] Text
SYARIFUDDIN.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item