Akuntabiltas Administrate Pendidikan Pada Sekolah Menengah Umum Di Kabupaten Nganjuk (Studi Kasus Di Smu Negeri 2 Nganjuk)

Supiat, - and Dr. Sumartono, MS and Drs. Sukanto, MS (2003) Akuntabiltas Administrate Pendidikan Pada Sekolah Menengah Umum Di Kabupaten Nganjuk (Studi Kasus Di Smu Negeri 2 Nganjuk). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mewujudkan kwalitas pendidikan pada SMU di Kabupaten Nganjuk yang baik, dalam upaya mencerdaskan anak didik dan untuk meningkatkan kepercayaan pada masyarakat telah diambil langkah-langkah penyelenggaraan pendidikan pada pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa akuntabilitas administratif pendidikan pada Sekolah Menengah Umum Negeri 2 Nganjuk, (2) Mendeskripsikan dan menganalisa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat akuntabilitas administratif pendidikan pada SMU Negeri 2 Nganjuk. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kwalitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan di lapangan, observasi dan dokumentasi. Dari langkah ini kemudian dilakukan analisis data kwalitatif dengan menggunakan metode analisa data interaktif. Untuk mengukur validitas keabsahan data dilakukan suatu teknik pemeriksaan didasarkan atas sifat dan kriteria yang digunakan yaitu dengan cara mengukur derajat kepercayaan (credibility), keteralian, ketergantungan (dependability) dan kepastian (conformability) terhadap obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kurikulum menempatkan faktor penting dalam proses belajar mengajar karena mencakup materi dan bobot yang diberikan guru kepada murid. Kurikulum yang diajarkan adalah kurikulum Nasional dan kurikulum lokal termasuk yang menonjol adalah pemberantasan siswa terhadap buta huruf A1 Qur’an, 2) penyelenggaraan pendidikan sangat memerlukan tenaga yang kompetensi dan profesional, dalam hal ini adalah tenaga guru dan tenaga administrasi, 3) faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan akuntabilitas administratif di SMU Negeri 2 Nganjuk dapat diatasi dengan lebih memaksimalkan peran dari Kepala Sekolah dalam memajukan sekolah dan adanya komitmen dari tenaga guru dan tata usaha dalam memajukan sekolah dengan merubah paradigma peran guru dari schooling ke tearing. yang

English Abstract

In embodying educational quality in senior high school in Nganjuk regency, in effort to educate learners and improve society confidence, it has been taken some steps in implementing education to fulfill minimum standard in education. This research aimed at (1) describing and analyzing the educational administrative accountability at Senior High School of State 2 Nganjuk (2) describing and analyzing supporting and inhibiting factors for educational administrative accountability at Senior High School of State 2 Nganjuk. In this research, qualitative method is used with data collecting steps through depth interview with field informant, observation and documentation. From this steps then qualitative data analysis by using interactive data analysis. To measure data validity, data verification based on properties and criteria that are used by measure reliability, transferability, dependability and conformability of the research objects Results showed that 1) curriculum has important factors in learning and teaching process because include material and weight that is given by teachers to pupils. Curriculum that taught are national and local curriculum, the prominent is free the student from illiterate of Al-quran letters 2) education implementation need competent and professional employee, in this case teacher and administrative employee, 3) inhibiting factors in implementing educational administrative accountability at Senior High School of State 2 Nganjuk can be overcome by maximizing the role of headmaster in improving the school and the commitment of the teachers and administrative employees in improving the school by changing teacher paradigm from schooling to learning

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040303
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:10
Last Modified: 10 Dec 2024 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233557
[thumbnail of SUPIYAT.pdf] Text
SUPIYAT.pdf

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item