Analisis Efektivitas Iklan Menggunakan Consumer Decision Model(Cdm) Terhadap Nlat Pembelian Studi pada Beberapa Merek Rokok di Perumahan Patebon Indah Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah

Widiartanto, - and Prof. Drs. Achmad Fauzi, DH. MA and Drs. Edy Yulianto, MP (2004) Analisis Efektivitas Iklan Menggunakan Consumer Decision Model(Cdm) Terhadap Nlat Pembelian Studi pada Beberapa Merek Rokok di Perumahan Patebon Indah Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan telah berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan dalam menembus pasar yang semakin ketat. Agar suatu pesan menjadi efektif, proses pengiriman harus berhubvmgan dengan proses penerimaan si penerima, untuk itu komunikator harus merancang pesan agar menarik perhatian sasarannya. Penelitian ini meneoba menganalisis efektivitas iklan televisi pada beberapa merek rokok ringan, yaitu A Mild ,LA Lights,dan Star Mild. Penelitian ini menggunakan model dari Howard, Shay, dan Green yang dikenal dengan Consumer Decision Model atau Model ABC. Model ini terdiri dari enam variabel yang saling berhubungan (interrelated varibles), meliputi information (pesan iklan), brand recognition (pengenalan merek), attitude (sikap konsumen), confidence (kepercayaan konsumen), intention (niat beli), dan purchase (pembelian aktual). Pada intinya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel-variabel dalam Consumer Decision Model, yaitu pengaruh variabel pesan iklafl, pengenalan merek konsumen, sikap konsumen, dan kepercayaan konsumen terhadap niat beli konsumen. Tujuan yang lainnya adalah untuk mengidentifikasi variabel antara dan buka antara daii pengenalan merek konsumen, sikap konsumen, dan kepercayaan konsumen yang mempengaruhi pesan iklan terhadap niat beli konsumen. Gbjek siuui yang dipiiih adalah para perokok merek A Mild, LA Lights, dan Star Mild di kompleks perumahan, dengan juinlah sampel sebagai responden masing-masing untuk merek rokok adalah 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis slatistik mferensial menggunakan Korelasi Sederhana dan Regresi Linier Sederhana. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan metode pengumpulan data melalui vvaw&ucaia dan kuisionex. Pengukuian variabel menggunakan Skala Likert 5 point dan diadakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, serta uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hubungan antar variabel secara langsung untuk semua merek rokok, baik merek A Mild, LA Lights, maupun Star Mild adalah positif dan signifikan. Hal ini didasarkan pada probabililas (sigt) 0.000 yang iebiii kecii daii a yang ditetapkan yaitu 0.05. Pengaruh antar variabel melalui variabel antara pada rokok A Mild menunjukkan bahwa pengenalan merek dan kepercayaan konsumen sebagai variabel antara, sedangkan sikap konsumen bukan sebagai variabel antara. Pada rokok LA Lights hanya pengenalan merek saja yang menjadi variabel antara. Sementara pada rokok Star Mild pengenalan merek kepercayaan konsumen dan sikap konsumen merupakan variabel antara. Dari model hipuiesis ter uji Lerlihai bahwa untuk semua produk rokok, kontribusi variabel pengenalan merek lebih besar pada kepercayaan konsumen, yaitu masing-masing sebesar 65.9%, 67.0%, dan 79.2% daripada pembentukan sikap konsumen yang masing-masing sebesar 62.2%, 56.5%, dan 59.7%. hal ini berarti bahwa pembentukan sikap konsumen melalui pengenalan merek lebih sulit dibandingkan pembentukan kepercayaan konsumen.

English Abstract

The function of advertising is as mains weapon for a firm to penetrate market that stricter and stricter. In order the message become effective, the sending process must connected with receiving process of receiver, therefore communicator must formulate the message rightly to draw viewer attention. This research try to analyze television advertising effectiveness to some light cigarette merk, namely A Mild, LA Lights and Star Mild. This research used a model from Howard, Shay and Green that were known as Consumer Decision Model or ABC Model. This model contained of six interrelated variables, namely information (advertising message), brand recognition, attitude, confidence, intention and purchase, the aim of this research is to analyze the effect of variables in Consumer Decision Model, namely the effect of advertising message, consumer merk recognition, consumer attitude and consumer belief to the consumer buying intention. The other aims of this research is to identify intervariable and not from consumer merk recognition point of view, consumer attitude and consumer belief that affecting advertising message to the consumer buying intention. The object of this research are smokers with A Mild, LA Lights and Star Mild merk at residential Zone, the sample for each cigarette merk are 50 respondents. Data analysis technique used is descriptive statistic analysis technique and inferential statistic analysis using Simple Correlation and Simple Linear Regression. Sampling technique is simple sampling random and the data collecting method area interview and questioner. Variable measurement is 5 point Likert Scale and it run validity test and instrument reliability and classic assumption test namely normality and linearity test. The result show that the relation and direct effect of inter-variable for all cigarette merk are positive and significant. The inter-variable effect to variable between A Mild cigarette show that merk recognition and consumer belief as intervariable, while consumer attitude is not inter-variable. While at Star Mild cigarette, recognition of merk, consumer belief and consumer attitude become inter-variable. From hypothesis test, it show that all cigarette product contribution of merk recognition variable bigger at consumer belief, namely 65.9%, 67.0% and 79.2%, respectively and from consumer attitude area 62.2%, 56.5% and 59.7%, respectively. It mean that consumer attitude with merk recognition is more difficult than consumer attitude shaping.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040403
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:19
Last Modified: 11 Dec 2024 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233512
[thumbnail of WIDIARTANTO.pdf] Text
WIDIARTANTO.pdf

Download (45MB)

Actions (login required)

View Item View Item