Wilopo, - and Dr. Kusdi Rahardjo, DEA. and Drs. Imam Suyadi, M.Si. (2005) Pengaruh Beberapa Variabel Kapital Organisasi (Organization Capital) Terhadap Inovasi Nilai (Value Innovation) Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang, Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Intangible assets (asset tidak nyata) perusahaan memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan value (nilai) perusahaan. Investasi dalam “intangiable assets”, terkhusus pada asset yang menjadikan perusahaan mampu melakukan inovasi, membawa tingkat imbal balik (return) yang lebih tinggi daripada cost of capital dan dari pada return pada investasi fix assets. Untuk membangun keunggulan bersaing berkelanjutan (sustainable competitive advantage) perusahaan harus mampu melakukan inovasi yang berjangkar pada nilai pembeli atau value innovation (inovasi nilai). Untuk itu menjadi strategis bagi perusahaan untuk mengelola kapital organisasi (organization capital), sebagai salah satu komponen aset tidak nyata perusahaan, agar perusahaan mampu melakukan inovasi nilai. Variabel Kapital Organisasi yang dimaksud dalam penelitian ini budaya, kepemimpinan, penyebaran pengetahuan dan keselarasan. Perusahaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perusahaan AJB Bumiputera 1912 kantor Cabang Malang, Jawa Timur. Penelitian eksplanatori ini menguji (1) pengaruh variabel-variabel budaya, kepemimpinan, penyebaran pengetahuan, dan keselarasan secara bersama-sama terhadap inovasi nilai; (2) pengaruh variabel-vaiabel budaya, kepemimpinan, penyebaran pengetahuan, dan keselarasan secara parsial terhadap inovasi nilai. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa variabel bebas budaya (X1), kepemimpinan (X2), penyebaran pengetahuan (X3), dan keselarasan (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat inovasi (Y). Variabel bebas budaya, kepemimpinan, penyebaran pengetahuan, dan keselarasan secara partial berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap variabel inovasi nilai.
English Abstract
Firm intangible assets contribute hugely to enhance firm value. Investment in intangible assets, particularly in assets enabling the firm do inovation, give return on higher than cost of capital, and than return on given by investment in fix assets. In order to build sustainable competitive advantage, firms have to be able to do innovation based on the customer value. Therefore, it is strategic for firms to manage the organization capital as one of the intangible assets, so that firms can do the value innovation. Variables of organization capital in this research are culture, leadership, knowledge sharing, and alignment. The firm studied is Bumiputera 1912, Malang Branch, East Java. This Explanatory Research examines (1) simultaneously impacts of variables of culture, leadership, knowledge sharing, and alignment to value innovation ; and (2) partially impacts of variables of culture, leadership, knowledge sharing, and alignment to value innovation. Results of this research indicate that independent variables of culture (X1), leadership (X2), knowledge sharing (X3), and alignment (X4) simultaneously and significantly affect dependent variable of value innovation. Independent variables of culture, leadership, knowledge sharing, and alignment partially positive related, and significantly affect dependent variable of value innovation. i
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 040503 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 02:27 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233506 |
![]() |
Text
WILOPO.pdf Download (28MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |