Syafira, Zahwa Dydha and Dr.rer.pol. M. Faishal Aminuddin, S.S., M.Si (2023) K-Pop dan Politik: Strategi Komunikasi Politik Partai Amanat Nasional dalam Menarik Suara Generasi Milenial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dipertimbangkan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menghadirkan boyband K-Pop dalam rangkaian acara Rakernas 2022. Selain itu, untuk mengetahui strategi komunikasi politik PAN dalam menarik suara generasi milenial dengan menggundang K-Pop dalam rangkaian acara Rakernas 2022. K-Pop di Indonesia memiliki daya tarik yang tinggi terutama di kalangan generasi milenial, hal ini dimanfaatkan oleh PAN sebagai langkah komunikasi politik dimana sebuah partai yang ingin menggaet suara kelompok tertentu yaitu generasi milenial untuk meningkatkan brand image partai dengan memanfaatkan keterkaitan K-Pop dengan generasi milenial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling, yaitu informaninforman yang memiliki pengetahuan, informasi, pengalaman, serta menangani langsung hal-hal yang berkaitan dengan strategi komunikasi politik PAN dalam menarik suara generasi milenial dengan menggundang K-Pop dalam rangkaian acara Rakernas 2022. Hasil penelitian ini menunjukan faktor yang dipertimbangkan PAN adalah melihat dari fanatisme, minat milenial terhadap PAN rendah, dan “riding the wave”. Maka dari itu PAN mencari cara agar supaya dapat masuk ke kalangan milenial dan terkesan dapat mengakomodir minat dari generasi milenial yaitu dengan cara mengadakan acara Birukan Langit Indonesia Festival 2022 dengan mengundang guest star boyband K-Pop. Selanjutnya, strategi komunikasi politik yang digunakan PAN adalah strategi soft selling yang terkesan tidak terlalu politik tetapi upaya PAN ini diharapkan dapat meningkatkan persepsi milenial terhadap PAN. Melaui strategi soft selling ini PAN berusaha memperkuat brand identity mereka, yaitu menjalankan hubungan baik kepada milenial tanpa memberikan kesan politis.
English Abstract
This study aims to describe the factors the National Mandate Party (PAN) considered to present the boyband K-Pop in the 2022 National Working Meeting series. In addition, to find out PAN's political communication strategy in attracting the voices of the millennial generation by inviting K-Pop to the 2022 National Working Meeting series of events. K-Pop in Indonesia has high appeal, especially among the millennial generation, this is used by PAN as a political communication step where a party wants to get the votes of a certain group, namely the millennial generation, to increase brand image party by taking advantage of K-Pop's connection with the millennial generation. This research is a type of descriptive qualitative research. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. Determination of the subject in this study using the technique of positive sampling, namely informants who have the knowledge, information, experience, and directly handle matters related to PAN's political communication strategy in attracting the voices of the millennial generation by inviting K-Pop in the 2022 National Working Meeting series of events. The results of this study indicate the factors considered by PAN are seeing from fanaticism, millennial interest in PAN is low, and "riding the wave”. Therefore PAN is looking for ways to get into the millennial circle and seems to be able to accommodate the interests of the millennial generation, namely by holding the Birukan Langit Indonesia Festival 2022 event by inviting guest star boyband K pop. Furthermore, the political communication strategy used by PAN is strategy soft selling which seems not too political, but this PAN effort is expected to increase millennial perceptions of PAN. Through the strategy of soft selling PAN is trying to strengthen its brand identity, namely carrying out good relations with millennials without giving a political impression.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110130 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi Politik, Partai Amanat Nasional, K-Pop, Birukan Langit Indonesia Festival-Strategy, Political Communication, Partai Amanat Nasional, K-Pop, Birukan Langit Indonesia Festival |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:56 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233152 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zahwa Dydha Syafira.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |