Peran Kontrol Diri terhadap Pembelian Impulsif pada Pembelian di Flash Sale Shopee dengan Citra Toko sebagai Variabel Moderator

Seto, Severino Bimo Anggoro and Selly Dian Widyasari, S.Psi., M.Psi (2024) Peran Kontrol Diri terhadap Pembelian Impulsif pada Pembelian di Flash Sale Shopee dengan Citra Toko sebagai Variabel Moderator. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Shopee menjadi platform e-commerce yang paling populer di Indonesia. Salah satu strategi pemasaran yang diterapkan oleh Shopee adalah Flash Sale. Strategi ini berbentuk promosi yang menawarkan produk dengan diskon besar dan kuantitas terbatas dengan tujuan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, program Flash Sale Shopee memicu terjadinya perilaku pembelian secara impulsif pada konsumen. Pembelian impulsif sendiri merupakan keputusan pembelian yang tidak reflektif dan biasanya didasari oleh faktor emosional individu. Faktor emosional yang ada membuat pembelian impulsif secara tidak langsung berhubungan dengan kontrol diri, dimana kontrol diri memungkinkan individu untuk terhindar dari pembelian impulsif. Hubungan kontrol diri dan pembelian impulsif juga dapat dipengaruhi oleh citra Flash Sale, dimana citra yang baik mampu untuk memperlemah kontrol diri sehingga pembelian impulsif, meningkat dan hal ini juga berlaku sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada pembelian di Flash Sale Shopee dan mengetahui kemampuan citra toko dalam memoderasi peran kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada pembelian di Flash Sale Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana dan moderated regression analysis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan total 132 responden. Variabel kontrol diri diukur dengan menggunakan skala Brief Self-Control dan variabel pembelian impulsif diukur dengan skala Buying Impulsiveness serta variabel citra toko diukur dengan Store Image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri berperan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif pada konsumen yang melakukan pembelian di Flash Sale Shopee. Hasil lainnya menunjukkan bahwa variabel citra toko tidak mampu untuk memoderasi peran antara kontrol diri dengan pembelian impulsif pada konsumen yang melakukan pembelian di Flash Sale. Implikasi dari penelitian ini, antara lain, dapat digunakan bagi konsumen untuk memperkuat kemampuan kontrol diri agar terhindar dari pembelian secara impulsif, dan membantu pelaku usaha untuk meningkatkan citra tokonya agar penjualan dapat meningkat

English Abstract

Shopee has become the leading e-commerce platform in Indonesia, with its Flash Sale strategy being one of the key drivers of its popularity. This promotional approach offers products at steep discounts and in limited quantities, aiming to attract a wide audience. However, the Flash Sale has also been associated with impulsive buying behavior among consumers. Impulsive buying is characterized by spontaneous purchasing decisions, often driven by emotional responses rather than careful consideration. This behavior suggests a connection between impulsive buying and self-control, where greater self-control helps individuals resist the urge to make impulsive purchases. The relationship between self-control and impulsive buying may also be influenced by how consumers perceive the Flash Sale, with a positive image potentially weakening self-control and increasing impulsivity, and vice versa. The aim of this research is to understand the role of self-control in impulsive buying during Shopee Flash Sales and to examine the store image's ability to moderate the influence of self-control on impulsive buying during Shopee Flash Sales. This study uses a quantitative approach, employing simple regression analysis and moderated regression analysis to explore these relationships. A purposive sampling method was used to select 132 respondents. Self-control was measured using the Brief Self-Control Scale, impulsive buying was assessed with the Buying Impulsiveness Scale, and the perception of the store image was evaluated using the Store Image Scale. The results indicate that self-control has a significant impact on impulsive buying behavior during Shopee's Flash Sale. However, the study also found that the store image does not moderate the relationship between self-control and impulsive buying in this context. These findings suggest that consumers may benefit from strengthening their self-control to avoid impulsive purchases, while businesses could focus on enhancing their store image to potentially increase sales.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110233
Uncontrolled Keywords: Flash Sale, Shopee, kontrol diri, pembelian impulsif, citra toko.Flash Sale, Shopee, self-control, impulsive buying, store image
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:01
Last Modified: 30 Dec 2024 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233144
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Severino Bimo Anggoro Seto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item