Analisis Pemilihan Penanganan Jalan pada Ruas Bangil – Wonokerto Kabupaten Pasuruan

Mubarak, Rizky and Danisworo, Muhamad Panji and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. and Rahayu Kusumaningrum, ST., MT., M.Sc (2024) Analisis Pemilihan Penanganan Jalan pada Ruas Bangil – Wonokerto Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, tepatnya pada Ruas Jalan Bangil-Wonokerto merupakan salah satu ruas yang mengalami permasalahan kerusakan jalan. Ruas ini menjadi alternatif akses yang digunakan masyarakat Kabupaten Pasuruan, dari Bangil menuju Wonokerto maupun sebaliknya. Ruas jalan ini menjadi ruas jalan strategis karena ruas ini menjadi penunjang prasarana transportasi bagi beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu, banyak pengguna jalan khususnya kendaraan-kendaraan perusahaan yang menggunakannya sebagai prasarana transportasi perusahaan. Ruas jalan Bangil-Wonokerto yang kami lakukan penelitian ini dilaksanakan sepanjang 6,6 km, dimulai dari STA 0+000 sampai STA 6+600. Penilaian kondisi jalan merupakan tahapan evaluasi untuk menentukan rekomendasi perbaikan kerusakan jalan, dengan output berupa nilai dari tingkat kerusakan jalan. Analisis penilaian kondisi jalan menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI), Pavement Condition Index (PCI) dan Benkelman Beam. Dilanjutkan penentuan tebal lapis perkerasan jalan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP 2024). Perhitungan estimasi biaya menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 1 Tahun 2024. Hasil dari penilaian kondisi jalan dapat digunakan dalam menentukan penanganan kerusakan jalan beserta estimasi biaya yang diperlukan pada lokasi penelitian ruas Bangil – Wonokerto Kabupaten Pasuruan. Hasil Penilaian kerusakan jalan Ruas Bangil – Wonokerto Penanganan 1 (STA 0+800 sampai STA 1+250) dengan metode SDI nilai 280,56 dengan kategori rusak berat, sehingga memerlukan penanganan rekonstruksi/peningkatan struktur, dan metode PCI nilai 34,44 dengan kategori kerusakan poor sehingga kondisi jalan kategori rusak sedang, sehingga jenis penanganan rekontruksi atau peningkatan struktur, dengan hasil perhitungan menggunakan tahap lapisan yaitu beton kurus (LMC) Fc’ 10 Mpa dengan tebal 10 cm dan beton bertulang (wiremesh) Fc’ 25 Mpa dengan tebal 20 cm. Penilaian kerusakan jalan Ruas Bangil - Wonokerto Penanganan 2 (STA 2+000 sampai STA 3+300) dengan metode SDI nilai 144,42 dengan kategori rusak ringan, sehingga memerlukan penanganan pemeliharaan berkala dan metode PCI nilai 41,307 dengan kategori kerusakan fair, sehingga kondisi jalan kategori rusak ringan dan jenis penanganan rehabilitasi jalan, dengan hasil perhitungan overlay dengan ketebalan 10 cm AC-WC tebal 4 cm dan AC-BC tebal 6 cm. Untuk menghitung tebal lapis tambah / overlay pada penanganan 2 juga digunakan metode analisis lendutan menggunakan Benkelman Beam dengan hasil lendutan rata-rata sebesar 79,94 mm. Dari total penanganan 1 (STA 0+800 – STA 1+250) dan penanganan 2 (STA 2+000 – STA 3+300) kerusakan jalan tersebut didapat estimasi biaya sebesar Rp 4.745.490.000,00.

English Abstract

Pasuruan Regency, East Java, precisely on the Bangil-Wonokerto Road Section is one of the sections that has experienced road damage problems. This section is an alternative access used by the people of Pasuruan Regency, from Bangil to Wonokerto and vice versa. This road section is a strategic road section because this section supports transportation infrastructure for several companies in Pasuruan Regency. Therefore, many road users, especially company vehicles, use it as company transportation infrastructure. The Bangil-Wonokerto road section that we conducted this research was carried out along 6.6 km, starting from STA 0+000 to STA 6+600. Road condition assessment is an evaluation stage to determine recommendations for repairing road damage, with the output in the form of a value of the level of road damage. Analysis of road condition assessment using the Surface Distress Index (SDI), Pavement Condition Index (PCI) and Benkelman Beam methods. Continued determination of the thickness of the road pavement layer using the Road Pavement Design Manual (MDP 2024). The calculation of the estimated cost uses the Work Unit Price Analysis (AHSP) in accordance with the Regulation of the Minister of Public Works Number 1 of 2024. The results of the road condition assessment can be used to determine the handling of road damage along with the estimated costs required at the Bangil - Wonokerto section research location, Pasuruan Regency. Road damage assessment results for Bangil – Wonokerto Section Handling 1 (STA 0+800 to STA 1+250) using the SDI method with a value of 280.56 in the category of severe damage, requiring reconstruction/structural improvement, and the PCI method with a value of 34.44 in the category of poor damage, so that the road condition is in the moderate damage category, so that the type of reconstruction or structural improvement is used, with the calculation results using the layer stage, namely lean concrete (LMC) Fc’ 10 Mpa with a thickness of 10 cm and reinforced concrete (wiremesh) Fc’ 25 Mpa with a thickness of 20 cm. Road damage assessment Bangil - Wonokerto Section Handling 2 (STA 2+000 to STA 3+300) with SDI method value 144.42 with light damage category, so it requires periodic maintenance handling and PCI method value 41.307 with fair damage category, so the road condition is light damage category and type of road rehabilitation handling, with overlay calculation result with thickness 10 cm AC-WC 4 cm thick and AC-BC 6 cm thick. To calculate the thickness of the additional layer/overlay in handling 2, deflection analysis method using Benkelman Beam is also used with average deflection result of 79.94 mm. From total handling 1 (STA 0+800 – STA 1+250) and handling 2 (STA 2+000 – STA 3+300) the road damage is estimated cost of Rp4,745,490,000.00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070207
Uncontrolled Keywords: Penanganan Kerusakan Jalan, SDI, PCI, Benkelman Beam, Manual Desain Perkerasan Jalan, Estimasi Biaya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:24
Last Modified: 11 Dec 2024 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/233002
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Mubarak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item