Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Properti Rumah Sederhana T 21, T 36 Dan T 45 Developer PT. BINATRAYA PUPANTARA Kabupaten Probolinggo)

Hermanuadi, Anggit and Moch. Ichsan, Prof. Dr. (2002) Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Properti Rumah Sederhana T 21, T 36 Dan T 45 Developer PT. BINATRAYA PUPANTARA Kabupaten Probolinggo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemenuhan kebutuhan perumahan yang dapat dijangkau oleh golongan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dirasakan sudah sangat mendesak pada saat sekarang ini. Upaya untuk memenuhi kebutuhan sarana perumahan ini menuntut adanya kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta. Pihak swasta yang dalam hal ini adalah para developer merupakan organisasi yang memenuhi dan memasarkan perumahan pada konsumennya. Kegiatan pemasaran perumahan, dalam kondisi sekarang harus berorientasi kepada konsumen, merupakan kewajiban bagi perusahaan, karena keputusan konsumen untuk membeli rumah baik untuk tempat tinggal maupun orientasi bisnis tidak terlepas dan faktor ekstemal maupun intemalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara motivasi, sikap, persepsi, pengetahuan dan keadaan ekonomi dengan keputusan pembelian rumah sederhana T 21, T 36 dan T 45. Selain itu juga untuk menjelaskan hubungan antara harga, produk, promosi, kelompok referensi dan keluarga dengan keputusan pembelian rumah sederhana T 21, T 36 dan T 45. Berdasarkan kepada tujuan penelitian maka penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksplanatori. Mengingat populasi yang tidak terlalu besar maka peneliti akan mengambil sampel sebanyak 50 % dari jumlah populasi sebagai berikut : konsumen rumah T 21 sebanyak 75 orang, konsumen rumah T 36 15 orang, konsumen rumah T 45 sebanyak 25 orang.

English Abstract

The supply of attainable priced house for middle-low income people has very urgent to be fullfilled by cooperation between government and private. The private, namely developer, is the organization who markets the houses to their consumer. The activity of marketing has to be consumer oriented, because the decision of consumer to purchase a house for live or business, is related to internal and external factors. This study is intended to explain the relation between motivation, attitude, perception, knowledge and economical condition with purchasing decision for attainable priced house type 21, 36 and 45. also, to explain the relation between price, product, promotion, referece group dan family with purchasing decision for attainable priced house type 21, 36 and 45. Based on the purpose, this study is an explanatory study. Because of the small number of population, the samples are stated in 50 %, they are : 75 samples for house type 21, 15 samples for house type 36 and 25 samples for house type 45.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040203
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:19
Last Modified: 19 Nov 2024 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232820
[thumbnail of ANGGIT HERMANUADI.pdf] Text
ANGGIT HERMANUADI.pdf

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item