Lathifah, Intan Nur and Reza Safitri, S.Sos, M.Si, Ph.D. (2024) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Customer Relationship Management Tbss Dengan Menggunakan Shopkeeper Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian komunikasi interpersonal yang mengusung asumsi dalam teorinya, yaitu setiap individu yang melakukan komunikasi akan membuat prediksi terkait bagaimana pihak penerima pesan (komunikan) memberikan sebuah reaksi dan customer relationship management yang memiliki asumsi, yaitu membangun relasi jangka panjang dengan pelanggan menjadi cara terbaik untuk menciptakan loyalitas pelanggan dan pelanggan loyal cenderung lebih memberikan keuntungan dibandingkan pelanggan yang tidak loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap loyalitas pelanggan yang memiliki member di TBSS dan untuk menganalisis pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan yang memiliki member di TBSS. variabel (X1) adalah komunikasi interpersonal, variabel (X2) adalah customer relationship management, dan variabel (Y) adalah loyalitas pelanggan. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pelanggan. Teknik penganalisisan data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data didapatkan dari sampel berjumlah 360 responden yang didapatkan dari member TBSS. Hasil temuan penelitian membuktikan bahwa komunikasi interpersonal dan customer relationship management oleh shopkeeper memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini menegaskan bahwa customer relationship management memiliki peran dominan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan daripada komunikasi personal.
English Abstract
This research is motivated by the study of interpersonal communication which carries assumptions in its theory, namely that each individual who communicates will make predictions regarding how the recipient of the message (communicant) gives a reaction and customer relationship management which has assumptions, namely building longterm relationships with customers is the best way to create customer loyalty and loyal customers tend to provide more benefits than customers who are not loyal. This study aims to analyze the effect of interpersonal communication on customer loyalty who have members at TBSS and to analyze the effect of customer relationship management on customer loyalty who have members at TBSS. variable (X1) is interpersonal communication, variable (X2) is customer relationship management, and variable (Y) is customer loyalty. The methodology in this study uses a quantitative approach with a customer survey method.The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. Data obtained from a sample of 360 respondents obtained from TBSS members. The research findings prove that interpersonal communication and customer relationship management by shopkeepers have an influence on customer loyalty. This study confirms that customer relationship management has a dominant role in increasing customer loyalty than interpersonal communication.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, customer relationship management, loyalitas pelanggan. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:51 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232732 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Intan Nur Lathifah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |