Kusuma, Ardika Satya and Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom. (2024) Analisis Retorika Visual Dalam Membangun Curiosity Penonton Pada Film Knives Out (2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang penggunaan retorika visual dalam membangun rasa ingin tahu (curiosity) penonton dalam film Knives Out (2019). Penelitian ini berfokus pada bagaimana elemen visual, khususnya teknik sinematografi yang digunakan untuk melibatkan penonton dan membangkitkan rasa ingin tahu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana retorika visual, melalui komposisi camera angle, frame size dan pencahayaan yang berkontribusi dalam menciptakan ketegangan dan misteri yang membuat penonton tetap tertarik. Peneliti mengadopsi paradigma konstruktivis untuk mengeksplorasi bagaimana rasa ingin tahu (curiosity) penonton dibentuk oleh isyarat visual yang disajikan dalam film. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan teknik sinematografi yang strategis dalam Knives Out, termasuk shot framing, kontras pencahayaan, dan camera angle yang dinamis dapat mengarahkan fokus penonton dan secara bertahap mengungkap informasi, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu (curiosity). Temuan ini menyoroti bagaimana adegan-adegan tertentu menimbulkan pertanyaan dengan membiarkan detail-detail krusial menjadi ambigu, sementara jawaban-jawabannya baru terungkap sepenuhnya di klimaks film. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana retorika visual dapat digunakan secara efektif dalam penceritaan naratif, khususnya dalam genre misteri.
English Abstract
This study examines the use of visual rhetoric in building audience curiosity in the film Knives Out (2019). This study focuses on how visual elements, especially cinematography techniques, are used to engage the audience and arouse curiosity. The purpose of this study is to analyze how visual rhetoric, through the composition of camera angle, frame size and lighting contributes to creating tension and mystery that keep the audience interested. The researcher adopts a constructivist paradigm to explore how audience curiosity is shaped by visual cues presented in the film. Using a qualitative approach and descriptive methods, this study found that the strategic use of cinematography in Knives Out, including shot framing, lighting contrast, and dynamic camera angles, can direct the audience's focus and gradually reveal information, thereby fostering curiosity. The findings highlight how certain scenes raise questions by leaving crucial details ambiguous, while the answers are only fully revealed at the film’s climax. This research provides valuable insight into how visual rhetoric can be used effectively in narrative storytelling, particularly in the mystery genre.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Retorika Visual, Curiosity, Film, Knives Out |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:45 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232728 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ardika Satya.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |