Strategi Promosi Kantin Akademik Halalan Thoyyiban dalam Membangun Brand Awareness Mahasiswa Universitas Brawijaya

Wulandari, Eka Putri and Azizun Kurnia Illahi, S.I.Kom., M.A. (2024) Strategi Promosi Kantin Akademik Halalan Thoyyiban dalam Membangun Brand Awareness Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan populasi Muslim dan konsumsi produk halal menciptakan peluang bagi bisnis dan akademisi untuk mengeksplorasi pemasaran Islam dengan menggunakan konsep branding Islam seperti kemasan dengan simbol-simbol Islam, logo halal, dan sertifikasi halal. Salah satu contohnya adalah Kantin Akademik Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya yang memiliki sertifikasi halal dan dikenal luas oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi Kantin Akademik Halalan Thoyyiban dalam membangun brand awareness di kalangan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan teori lima Bauran Promosi oleh Kotler & Armstrong (2017) yang mengandung lima komponen: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung untuk menganalisis bagaimana bentuk aktivitas strategi promosi yang telah dilakukan Kantin Akademik Halalan Thoyyiban. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam yang melibatkan satu pihak manajemen dan lima pengelola stan yang mengetahui praktik strategi promosi Kantin Halal. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang memiliki empat komponen yaitu, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan keabsahan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kantin Akademik Halalan Thoyyiban belum mengoptimalkan bauran promosi terutama dalam periklanan. Manajemen kantin dan pengelola stan mengaku tidak pernah menerapkan strategi iklan. Bauran promosi lain, seperti promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung, sebagian besar hanya dilakukan oleh manajemen kantin. Peneliti juga menemukan bahwa pengelola stan hanya menerapkan promosi penjualan, dengan hanya satu stan yang menggunakan strategi hubungan masyarakat melalui partisipasi dalam pameran.

English Abstract

The increase in the Muslim population and halal product consumption creates opportunities for businesses and academics to explore Islamic marketing using Islamic branding concepts such as packaging with Islamic symbols, halal logos, and halal certification. One example is the Halalan Thoyyiban Academic Canteen at Brawijaya University, which has halal certification and is widely recognized by students. This study aims to analyze the promotional strategies of the Halalan Thoyyiban Academic Canteen in building brand awareness among students at Brawijaya University. The study uses the five Promotional Mix theory by Kotler & Armstrong (2017), which includes five components: advertising, sales promotion, public relations, personal selling, and direct marketing to analyze the promotional strategy activities carried out by the Halalan Thoyyiban Academic Canteen. This research is descriptive qualitative, using in-depth interview data collection techniques involving one management party and five stall operators who are aware of the Halal Canteen's promotional strategies. The collected data is analyzed using data analysis techniques from Miles, Huberman, and Saldana, which consist of three components: data condensation, data display, conclusion drawing or verification, and goodness criteria. The study shows that the Halalan Thoyyiban Academic Canteen has not optimized the promotional mix, particularly in advertising. Both the canteen management and stall operators admitted they had never implemented advertising strategies. Other promotional mix elements, such as sales promotion, public relations, personal selling, and direct marketing, were mostly carried out by the canteen management. Researchers also found that stall operators only implemented sales promotion, with only one stall using public relations strategies by participating in exhibitions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Brand Awareness, Kantin Akademik Halalan Thoyyiban.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 15 Nov 2024 08:16
Last Modified: 15 Nov 2024 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232701
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eka Putri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item