Lukman, Rizky Austin and M. Barqah Prantama, S.AP., MAP (2024) Advokasi Kebijakan Ruu Pendidikan Dan Layanan Psikologi (Ruu Plp) Oleh Hetifah Sjaifudian Sebagai Ketua Panja Ruu Plp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses advokasi kebijakan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi (PLP) oleh Hetifah Sjaifudian sebagai Ketua Panja. Kesehatan mental di Indonesia membutuhkan perhatian serius di tengah tingginya prevalensi depresi khususnya pada kalangan orang muda (15-24 tahun). RUU PLP hadir sebagai respons atas kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Namun penyusunan RUU ini mengalami cukup banyak tantangan dan resistensi. Advokasi kebijakan diperlukan dalam RUU PLP untuk menjembatani berbagai kepentingan dan mencapai konsensus. Penelitian ini menggunakan Teori Advokasi Kebijakan oleh Miller dan Covey (2005) yang menganalisis empat aspek utama, yaitu legitimasi, kredibilitas, akuntabilitas, dan kekuasaan. Data penelitian ini diolah melalui kegiatan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advokasi RUU PLP oleh Hetifah telah menerapkan keseluruhan aspek dengan baik. Dalam aspek legitimasi, posisi Hetifah sebagai anggota DPR dan Ketua Panja RUU PLP, serta pengakuan organisasi profesi memberinya otoritas dan kepercayaan untuk melaksanakan advokasi kebijakan. Dalam aspek kredibilitas, kemampuan Hetifah didukung oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman selama tiga periode di DPR, komitmen kuat mendalami psikologi yang melibatkan para ahli, serta kepemimpinan yang inklusif dan transparan. Dalam aspek akuntabilitas, Hetifah berupaya menjaga transparansi dan keseimbangan kekuasaan antar pemangku kepentingan, mengadakan uji publik, mengawasi implementasi UU PLP, dan aktif melaporkan perkembangan advokasi melalui Instagram, serta menghasilkan UU PLP yang sejalan dengan tujuan pemangku kepentingan. Dalam aspek kekuasaan, Hetifah menggunakan kekuasaan relasional dengan pendekatan kolaboratif dan empati. Melalui kompromi dan komunikasi yang persuasif, Hetifah mampu mengatasi pemerintah yang awalnya tidak menganggap penting RUU PLP, serta gesekan antar organisasi profesi.
English Abstract
This research examines the policy advocacy process of the Psychology Education and Services Bill (PLP) led by Hetifah Sjaifudian, chairperson of the Working Committee. Mental health in Indonesia requires serious attention, particularly due to the high prevalence of depression among young people (15-24 years). The PLP Bill addresses the need to improve psychological well-being but faces numerous challenges and resistance during its drafting. Policy advocacy plays a crucial role in bridging various interests and building consensus. The research applies the Policy Advocacy Theory by Miller and Covey (2005), focusing on four key aspects: legitimacy, credibility, accountability, and power. Data were collected through interviews and documentation. The findings indicate that Hetifah effectively implemented all these aspects in advocating for the PLP Bill. In terms of legitimacy, Hetifah's role as a member of the House of Representatives and Chairperson of the PLP Bill committee, along with recognition from professional organizations, granted her the authority and trust to lead this effort. Her credibility was bolstered by her educational background, three-term experience in parliament, and commitment to studying psychology with expert input, while her leadership remained inclusive and transparent. In accountability, Hetifah ensured transparency and balance among stakeholders, conducted public consultations, and regularly updated progress through social media. As for power, she utilized relational power through a collaborative and empathetic approach. Using compromise and persuasive communication, Hetifah successfully navigated government resistance and overcame friction between professional organizations, which initially did not prioritize the PLP Bill.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 042411 |
Uncontrolled Keywords: | Advokasi Kebijakan; RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi; Ketua Panja |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 07:05 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 07:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232686 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Austin Lukman.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |