Permana, Gilang lndra and Dr. Christin Susilowati, SE.. I\I.Si. (2024) "Pengaruh Environmental Knowledge dan Environmental Concern Terhadap Green Purchase lntention tVlelalui Consumer Attitucte pada Pembelian ftflinuman Kemasan Dalam Botol Plastik (Studi Terhadap Perilaku Konsumen di Provinsi Jawa Timur)". Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai negara yang berkontribusi dalam menyumbang 1.4 Ton sampah plastik ke perairan dunia, di mana sampah ini didominasi oleh kemasan makanan atau minuman. Indonesia memerlukan penerapan green concept yang matang dari berbagai pemangku kepentingan. Namun sangat disayangkan belum adanya perusahaan FMCG yang memiliki strategi komprehensif untuk berkomitmen beralih dari penggunaan plastik sekali pakai. Sedangkan konsep ini memungkinkan perusahaan untuk bermain dalam ceruk pasar baru, yang kurang dimanfaatkan. Penelitian ini akan mengisi celah pengetahuan dengan menyelidiki hubungan kompleks antara pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan, sikap konsumen, dan niat pembelian produk minuman dalam kemasan botol plastik. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner online terhadap 297 responden di wilayah Provinsi Jawa Timur. Data telah diolah menggunakan metode analisis jalur, penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa pengetahuan dan kepedulian lingkungan serta sikap konsumen berhubungan secara positif dan signifikan terhadap niat pembelian ramah lingkungan, begitu juga pengetahuan dan kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen. Selain itu juga diperoleh bahwa sikap positif konsumen ini justru akan dapat menurunkan pengaruh pengetahuan dan kepedulian lingkungan konsumen dalam membeli produk ramah lingkungan. Ini menegaskan bahwa sikap positif konsumen terhadap produk ramah lingkungan bukan satu-satunya faktor yang dapat memengaruhi niat pembelian ramah lingkungan mereka.
English Abstract
As a country contributing 1.4 tons of plastic waste to the world's waters, Indonesia requires a mature green concept implementation from various stakeholders. However, it is regrettable that no FMCG company has a comprehensive strategy to commit to switching from single-use plastics. This concept enables companies to play in an underutilized niche market. This study fills the knowledge gap by investigating the complex relationship between environmental knowledge, environmental concern, consumer attitudes, and purchase intentions for plasticbottled beverages. Data were obtained through an online questionnaire distributed to 297 respondents in the East Java. Data were processed using path analysis, revealing that environmental knowledge and concern, as well as consumer attitudes, have a positive and significant relationship with green purchase intention. Environmental knowledge and concern also positively and significantly affect consumer attitudes. Moreover, positive consumer attitudes can reduce the influence of environmental knowledge and concern on purchasing environmentally friendly products. This confirms that positive consumer attitudes towards environmentally friendly products are not the only factor influencing their purchase intentions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0424020038 |
Uncontrolled Keywords: | Environmental Knowledge; Environmental Concern; Consumer Attitude; Green Purchase Intention |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232220 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gilang Indra Permana.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |