Ansahnarmi, Annisa (2024) Analisis Diskursif Nilai Berita Perlindungan Data Pribadi Pada detik.com dan kompas.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai berita terkait isu perlindungan data pribadi di Indonesia pada portal Detik.com dan Kompas.com. Metode yang digunakan adalah Discursive News Values Analysis (DNVA) milik Bednarek dan Caple untuk menganalisis nilai-nilai berita yang dibangun oleh kedua media tersebut. Artikel berita dikumpulkan dari periode saat isu ini ramai diberitakan, yaitu pada 20 Agustus-20 September 2022. Data diolah secara kualitatif dengan melakukan pemaknaan pada nilai-nilai berita yang dibangun berdasarkan aspek kebahasaan yang meliputi penggunaan kata dan kalimat dalam judul dan teras berita. Hasil analisis menunjukkan Detik.com lebih menekankan pada nilai timeliness, negativity, superlativeness dan unexpectedness. Nilai-nilai berita yang dibangun Detik.com berkaitan dengan ideologi yang tercerminkan dalam visi misi medianya yaitu, mengedepankan penyampaian berita yang cepat, akurat, dengan penyajian informasi yang menarik. Sedangkan Kompas.com menekankan pada nilai berita positivity, proximity, impact, dan timeliness. Nilai-nilai berita yang dibangun Kompas.com juga menunjukkan kesesuaian dengan ideologi yang tercermin dalam visi misi medianya. Kompas.com ingin menciptakan masyarakat yang terdidik, berupaya mengajak pembacanya untuk jernih mencerna berita, menumbuhkan harapan dengan penyajian berita yang positif, dan tetap mempertahankan kecepatan dan keakuratan informasi. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai-nilai berita yang dibangun dalam pemberitaan perlindungan data pribadi di Indonesia, berkaitan dengan ideologi yang dianut oleh Detik.com dan Kompas.com.
English Abstract
This research aims to determine news values related to the issue of personal data protection in Indonesia on the Detik.com and Kompas.com news portals. The method used is Bednarek and Caple's Discursive News Values Analysis (DNVA) to analyze the news values built by the two media. News articles were collected from the period when this issue was widely reported, from 20 August to 20 September 2022. The data was processed qualitatively by interpreting news values based on linguistic aspects which included the use of words and sentences in the title and content of the news. The analysis results show that Detik.com places more emphasis on the values of timeliness, negativity, superlatives and unexpectedness. The news values built by Detik.com are related to the ideology symbolized in the media's vision and mission which prioritizes fast and accurate reporting, by presenting information in an interesting way. Meanwhile, Kompas.com emphasizes the news values of positivity, proximity, impact and timeliness. The news values built by Kompas.com also show conformity with the ideology implemented in the media's vision and mission. Kompas.com wants to create an educated society, strives to encourage its readers to clearly digest the news, foster hope by presenting positive news, and maintain speed and accuracy. The findings of this research show that the news values built into reporting on personal data protection in Indonesia are related to the ideology espoused by Detik.com and Kompas.com.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:40 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232151 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Ansahnarmi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |