DANCE IS THE HIDDEN LANGUAGE OF THE SOUL: HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENARI DENGAN KEBAHAGIAAN PADA PENARI REMAJA (KPOP DANCE COVERIST)

Aliya Budirini, Angky (2024) DANCE IS THE HIDDEN LANGUAGE OF THE SOUL: HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENARI DENGAN KEBAHAGIAAN PADA PENARI REMAJA (KPOP DANCE COVERIST). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Remaja seringkali dikaitkan dengan masa pembentukan identitas. Selama masa pembentukan identitas ini, remaja membutuhkan adanya kebahagiaan untuk dapat melewati masa-masa transisi ini. Kebahagiaan terkadang merujuk pada aktivitas yang tidak melibatkan perasaan, hal tersebut dapat berupa aktivitas fisik menari karena menari dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Terdapat beberapa fenomena yang dapat meningkatkan kebahagiaan remaja, diantaranya adalah Korean Wave atau Hallyu. Salah satu budaya K-pop yang digemari remaja adalah aktivitas fisik dance atau tarian kpop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi menari dengan kebahagiaan pada penari remaja (Kpop dance coverist). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. subjek dalam penelitian ini berjumlah 150 penari remaja dengan rata-rata (M) usia 19 tahun (SD = 18,48). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling melalui platform Google Form. Alat ukur yang digunakan adalah Dance Motivation Questionnaire (DMQ) dan Oxford Happiness Questionnaire (OHQ). Analisis data dilakukan menggunakan analisis uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 26.0.0.1 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara motivasi menari dan kebahagiaan pada penari remaja (Kpop dance coverist). Implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya motivasi menari yang tinggi dapat membantu penari remaja untuk meningkatkan kebahagiaan mereka, dengan adanya motivasi menari yang muncul pada remaja membuat mereka merasa puas dan bahagia karena melakukan sesuatu yang mereka cintai.

English Abstract

Adolescence is often associated with a period of identity formation. During this period of identity formation, teenagers need happiness to be able to get through this transitional period. Happiness sometimes refers to activities that do not involve feelings, this can be physical activity of dancing because dancing can improve psychological well-being. There are several phenomena that can increase teenagers' happiness, including Korean Wave or Hallyu. One of the K-pop cultures that teenagers enjoy is K-pop dance or dance covers. The research aims to determine the relationship between dance motivation and happiness in adolescent dancers (Kpop dance coverist). The research was conducted using a correlational quantitative approach. The subjects in this study were 150 teenage dancers with an average (M) age 19 years (SD = 18,48). Data collection techniques were carried out using techniques purposive sampling through Google Forms platform. The measuring instrument used is Dance Motivation Questionnaire (DMQ) and Oxford Happiness Questionnaire (OHQ). Data analysis was conducted using correlation test analysis Pearson Product Moment correlation with the help of SPSS 26.0.0.1 for windows. The results of data analysis show that there is a significant positive relationship between dance motivation and happiness in adolescent dancers (Kpop dance coverist). The implication of this research is that having high dance motivation can help teenage dancers to increase their happiness. With the motivation to dance that appears in teenagers, it makes them feel satisfied and happy because they are doing something they love.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:32
Last Modified: 07 Nov 2024 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232149
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angky Aliya Budirini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item