Wilen, Shareen Virginia and Noval Adib, S.E., M.SI., Ak., PH.D (2024) Analisis Strategi Bertahan Di Tengah Krisis Covid-19 Berdasar Kerangka Strategis Michael Porter (Studi Kasus Pt. Bina Busana Internusa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bertahan yang diterapkan oleh PT. Bina Busana Internusa selama krisis pandemi Covid-19 dengan menggunakan kerangka strategis Michael Porter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana wawancara dilakukan dengan empat orang narasumber, terdiri dari manajer dan COO perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bina Busana Internusa mengutamakan strategi kepemimpinan biaya dalam menjalankan operasinya selama krisis, sementara strategi diferensiasi cenderung diabaikan karena terhentinya produksi akibat pandemi. Kondisi ini menyulitkan perusahaan untuk menciptakan produk yang unik selama masa krisis. Temuan ini sejalan dengan teori Michael Porter mengenai strategi bertahan di pasar yang kompetitif. Penelitian ini juga merekomendasikan agar perusahaan meningkatkan kesiapan digital serta, ketika kondisi membaik, memfokuskan kembali pada inovasi produk dan pengembangan pasar untuk kembali bersaing. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain yang menghadapi tantangan serupa di masa mendatang.
English Abstract
This study analyzes how PT. Bina Busana Internusa survived during the Covid-19 pandemic by using Michael Porter's strategic framework. This study applies a qualitative approach with a case study method, involving interviews with four key people, including managers and the company's COO. The results exhibit that PT. Bina Busana Internusa focused on a cost leadership strategy during the crisis, but likely ignored differentiation due to stopped production during the pandemic, preventing the company to produce unique products. These findings support Michael Porter's theory about survival strategies in a competitive market. The study also suggests that the company should improve its digital capabilities and, when the situation improves, focus on product innovation and expanding its market to revive its competitiveness. These findings are expected to provide benefit for other companies dealing with similar challenges in the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524020247 |
Uncontrolled Keywords: | strategi, kepemimpinan biaya, fokus, diferensiasi, kerangka strategis Michael Porter, PT. Bina Busana Internusa, pandemi Covid-19. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:00 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232072 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHAREEN VIRGINIA WILEN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |