Anabella, Sharone Beatrice and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom., M.Si (2024) Analisis Retorika Visual Dalam Konten Promosi Film Jumbo Pada Instagram @Visinema.Animation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini tayangan ramah anak di Indonesia masih minim, tetapi perlahan produksinya semakin berkembang. Keberadaan media sosial dimanfaatkan sebagai media promosi, untuk memperkenalkan identitas film dan menjangkau target audiens seperti halnya yang dilakukan Visinema Animation dalam mempromosikan Film Jumbo. Sebagai film berbasis animasi, komposisi aspek visual dalam konteks strategi pemasaran menjadi prioritas sebagai bentuk representasi film. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana elemen-elemen retorika visual dalam konten First Look, Official Teaser film Jumbo dan konten Reveal aktor suara karakter Ayah Don digunakan sebagai strategi promosi film melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis retorika visual milik Sonja K.Foss untuk mendeskripsikan dan menganalisis konten promosi Film Jumbo pada Instagram @visinema.animation. Berdasarkan hasil analisis retorika visual pada ketiga konten sebagai bentuk pemasaran media sosial film Jumbo, diketahui bahwa berbagai unsur seperti warna, objek, narasi dan backsound telah dipadupadankan untuk memberikan gambaran terkait visualisasi film Jumbo secara keseluruhan, baik secara implisit maupun eksplisit maknanya dengan tujuan mampu mempersuasi audiens dalam menginterpretasi elemen visualisasinya dan memiliki pertimbangan keputusan untuk menonton film Jumbo di bioskop sebagai film keluarga.
English Abstract
At present, Indonesia lack of child-friendly shows, but slowly the productions are improving with an increase of quality and number. Social media can be utilized as a promotional medium to introduce movie identities and reach the target audiences, as exemplified by Visinema Animation's marketing for Jumbo Movie. As an animationbased film, the visualization of Jumbo in the context of marketing promotion strategy is prioritized as a form of the film representation. This research aims to analyze how elements of visual rhetoric in the First Look, Official Teaser of Jumbo Movie, and the Reveal Content of The Voice Actor for Don's Dad Character are used in social media marketing strategies on Instagram. This study employs a qualitative research approach, using Sonja K. Foss’s visual rhetoric analysis method to describe and analyze the promotional content of the Jumbo film on the Instagram account @visinema.animation. Based on the visual rhetoric analysis of the three content pieces as a form of social media marketing for the Jumbo movie, it is evident that various elements such as colors, objects, narration, and background music have been combined to provide an overview of the movie’s visualization. These elements work together to persuade the audience, both implicitly and explicitly, in interpreting the visual elements and have a decision making to watch Jumbo at the cinema as a representation of family friendly movie.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Retorika Visual, Konten Promosi dan Film Jumbo |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/232029 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sharone Beatrice Anabella.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |