Redesain Sistem Informasi E-katalog Berdasarkan Evaluasi Usability (Studi Kasus Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Kota Padang Panjang)

Nasution, Isyraqy Naposo and Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds and Almira Syawli, S.Kom., M.Kom (2024) Redesain Sistem Informasi E-katalog Berdasarkan Evaluasi Usability (Studi Kasus Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Kota Padang Panjang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kota Padang Panjang merupakan sentra pengadaan barang/jasa untuk pemerintah daerah Kota Padang Panjang, dimana seluruh bentuk transaki kebutuhan barang/jasa lembaga daerah Kota Padang Panjang harus dilakukan melalui UKPBJ. Dalam melaksanakan tugasnya UKPBJ menggunakan sistem informasi e-katalog yang berfungsi layaknya e-commerce dengan lembaga daerah Kota Padang Panjang sebagai pembeli dan UKPBJ selaku pemesan. Pejabat pengadaan yang bertugas di UKPBJ mengeluhkan ketika harus dilakukan pemesanan secara berulang untuk pemesanan barang/jasa berkategori sama. Hal ini terjadi apabila barang tersebut memiliki RUP yang berbeda. Selain masalah perulangan ada juga masalah terkait ketidakseragaman halaman, penempatan tombol yang menyulitkan, dan juga aktivitas yang terhenti pada halaman tertentu. Karena permasalahan tersebut, perlu dilakukan pengujian usability terhadap sistem informasi e-katalog. Penelitian ini menggunakan pendekatan human-centered design (HCD) untuk melakukan evaluasi usability sistem dengan fokus pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi atas desain solusi mampu mempertahankan efektivitas sistem e-katalog di 100%, dan terjadi peningkatan dalam efisiensi dan kepuasan pengguna

English Abstract

The Goods and Services Procurement Work Unit (UKPBJ) of Padang Panjang City is the center of goods/services procurement for the local government of Padang Panjang City, where all forms of transactions for goods/services needs of Padang Panjang City regional institutions must be carried out through UKPBJ. In carrying out its duties, UKPBJ uses an e-catalog information system that functions like ecommerce with Padang Panjang City regional institutions as buyers and UKPBJ as orderers. Procurement officials in charge of UKPBJ complained when repeated orders had to be made for ordering goods/services of the same category. This happens when the item has a different RUP. In addition to the recurrence problem, there are also problems related to page non-uniformity, difficult button placement, and also activities that stop on certain pages. Because of these problems, it is necessary to test the usability of the e-catalog information system. This research uses a human-centered design (HCD) approach to evaluate the usability of the system with a focus on effectiveness, efficiency, and user satisfaction. The results showed that the evaluation of the solution design was able to maintain the effectiveness of the e-catalog system at 100%, and there were improvements in efficiency and user satisfaction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: e-katalog, goods/services, Human-centered design, UKPBJ, usability-barang/jasa, e-katalog, Human-centered design, UKPBJ, usability
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 20 Dec 2024 02:30
Last Modified: 20 Dec 2024 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231996
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Isyraqy Naposo Nasution.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item