Kedathon, Gusti Retno and Kristanto Adi Nugroho, S.T., M.T. (2024) Redesain Interior PAUD Kamilia Berkonsep Play based learning Guna Memaksimalkan Kreativitas dan Pengembangan Diri Anak Usia Dini. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan fondasi penting bagi setiap individu untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan. Pendidikan berperan krusial dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang, sehingga perlu dimulai sejak dini, yaitu pada usia 0 – 6 tahun melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada usia ini, anak-anak mengalami perkembangan signifikan yang dikenal sebagai masa golden age. Oleh karena itu, PAUD harus menitikberatkan pada pengembangan diri anak yang mencakup aspek moral, kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, dan bahasa. Ini penting untuk memaksimalkan kreativitas dan perkembangan anak yang akan berguna di masa depan. Objek penelitian berfokus pada pendidikan anak usia dini yang terletak di daerah Sawojajar, Kota Malang. PAUD Kamilia merupakan salah satu PAUD yang memiliki banyak potensi karena lokasinya yang strategis. PAUD Kamilia mengusung prinsip "bermain adalah belajar, belajar adalah bermain". Untuk mendukung prinsip ini, diperlukan desain dan suasana ruang yang memadai agar anakanak nyaman belajar sambil bermain. Berdasarkan pengamatan dan telaah literatur, ditemukan bahwa elemen dekoratif, tata letak furnitur, dan desain interio di PAUD Kamilia masih bisa ditingkatkan untuk mendukung metode pembelajaran berbasis permainan secara optimal, demi memaksimalkan perkembangan anak usia dini. Dari observasi dan analisis yang telah dilakukan pada objek rancang, diperoleh konsep desain yang dapat memaksimalkan kreativitas dan pengembangan diri anak serta mendukung pembelajaran berbasis permainan melalui pendekatan interaktif. Dengan penerapan konsep ini, selain mendukung prinsip PAUD Kamilia, diharapkan desain dan suasana interior yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran anak usia dini yang didasari oleh permainan serta dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan mereka.
English Abstract
Education is a basic need and an important foundation for every individual to gain knowledge and insight. Education plays a crucial role in shaping a person's character and personality, so it needs to be started early, namely at the age of 0-6 years through the Early Childhood Education (PAUD) program. At this age, children experience significant development known as the golden age. Therefore, PAUD must emphasize the development of children's self which includes moral, cognitive, socialemotional, physical-motor, and language aspects. This is important to maximize children's creativity and development that will be useful in the future. The object of the research focuses on early childhood education located in the Sawojajar area, Malang City. Kamilia PAUD is one of the PAUDs that has a lot of potential because of its strategic location. Kamilia PAUD carries the principle of "playing is learning, learning is playing". To support this principle, adequate design and room atmosphere are needed so that children are comfortable learning while playing. Based on observations and literature reviews, it was found that decorative elements, furniture layout, and interior design in Kamilia PAUD can still be improved to support game-based learning methods optimally, in order to maximize the development of early childhood. From observations and analysis conducted on the design objects, a design concept was obtained that can maximize children's creativity and self-development and support gamebased learning through an interactive approach. By implementing this concept, in addition to supporting the principles of Kamilia PAUD, it is hoped that the interior design and atmosphere designed can meet the learning needs of early childhood based on games and can have a positive impact on their development
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | PAUD, Pengembangan Diri Anak Usia Dini, Play based learning, Interaktif-PAUD, Early Childhood Self Development, Play based learning, Interactive |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 02:30 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 02:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231965 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gusti Retno Kedathon.pdf Restricted to Registered users only Download (31MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |