Pengaruh Pelatihan Kompetensi Bahasa Inggris terhadap Penguatan Literasi English Reading pada Mahasiswa Veteriner

Sadiya, Aliya Halima and Prof. Dr. Dra. Med. Vet. Herawati, MP and Dr. Esti Junining, S.Pd., M. Pd (2023) Pengaruh Pelatihan Kompetensi Bahasa Inggris terhadap Penguatan Literasi English Reading pada Mahasiswa Veteriner. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang digunakan sebagai komunikasi internasional. Pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga EF mengumumkan indeks kemampuan berbahasa inggris di 44 negara menunjukkan bahwa kemampuan bahasa inggris di Indonesia berada sangat rendah di urutan ke-34. Hal ini diikuti dengan kemampuan literasi reading pelajar di Indonesia yang rendah melalui penelitian oleh PISA tahun 2015 terhadap pelajar Indonesia tentang literasi membaca menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 72 negara yang terlibat dalam penelitian tersebut. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan peningkatan kemampuan literasi reading dapat meningkatkan nilai mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan yang mengikuti pelatihan dilihat dari perbandingan pretest ke posttest. Pada penelitian ini terdapat 32 dari 92 mahasiswa semester 7 Fakultas Kedokteran Hewan yang mengikuti pelatihan. Perbandingan nilai dibedakan melalui pretest dan posttest setiap pertemuan pelatihan atau disebut skala shortterm dan perbandingan nilai pretest simulasi TOEFL dengan nilai posttest simulasi TOEFL setelah periode pelatihan selesai atau disebut skala longterm. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa kuantitatif dengan analisa uji-T dependen untuk mengetahui pengaruh pada variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pada skala shortterm terdapat peningkatan kemampuan literasi reading pada mahasiswa yang dilihat dari kenaikan nilai pretest dan posttest yang dibandingkan secara deskriptif dan uji-T dependen dengan nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan pada skala longterm analisa uji-T dependen tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemberian pelatihan yang sudah diberikan. Namun secara deskriptif terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu pelatihan peningkatan kemampuan bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa fakultas kedokteran hewan dalam bidang literasi English reading

English Abstract

English language is main language used as a global communication. A research conducted by the EF Institute revealed that the English proficiency index across 44 countries ranked Indonesia very low, at 34th place. This was followed by another study, PISA assessment in 2015, which highlighted low reading literacy among Indonesian students. In this study, Indonesia ranked 64th out of 72 participating countries in terms of reading literacy skills. Thus, this research aims to determine the improvement of English literacy skill training would impact the outcome of the learning study compared of the pretest and posttest score. In this study, there were 32 out of 92 students at the Faculty of Veterinary Medicine who took part in the training. Data collection divided into shortterm scale that is comparison of pretest and posttest score at each training meeting and longterm scale is comparison of TOEFL simulation pretest scores with TOEFL simulation posttest scores after the training period is complete. The method used in this research is quantitative analysis with dependent T-test analysis to determine the correlation in the research variables. The result of the research in shortterm scale show an improvement of reading skill literacy seen descriptively and dependent T-test has significance <0,05. While the result of longterm scale shows in dependent T-test has no correlation of the training given and student’s improving skill. Yet descriptively there is an increasing mean score from pretest to posttest. The conclusion of this study is the improvement of English literacy skill training can improve the ability of veterinary faculty medicine students in aspect of English literacy reading skill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052313
Uncontrolled Keywords: literasi reading, pelatihan, TOEFL, mahasiswa kedokteran hewan, skala shortterm, skala longterm,
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:50
Last Modified: 22 Oct 2024 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231915
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Halima Sadiya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item