Implementasi Program Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Bidang Perijinan di Kabupaten Pasuruan.

Briliantiningsih, Sri Aprillilik (2002) Implementasi Program Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Bidang Perijinan di Kabupaten Pasuruan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya isu yang berkembang dimasyarakat bahwa Pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah cenderung berbelit-belit, lama tidak ada kejelasan waktu Penyelesaian dan tempatnya tidak tergabung menjadi satu tempat sehingga sering membingungkan bagi para pengguna jasa pelayanan, oleh karena itu penelitian ini membahas tentang bagaimanakah Responsibilitas Unit Pelayanan Terpadu (UPT) sebagai implementasi programnya serta bagaimanakah faktor penghambat dan pendukung implementasi program Unit Pelayanan Terpadu (UPT). Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan fenomena- fenomena yang muncul dalam implementasi program serta faktor penghambat dan pendukungnya dalam Unit Pelayanan Terpadu (UPT). Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode kualitatif dengan menampilkan data-data untuk dianalisis melalui Proses Analisis Data dengan menggunakan Model Miles dan Huberman. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa responsibilitas Unit Pelayanan Terpadu sebagai bentuk implementasi kebijakan publik merupakan suatu wujud kebijakan pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam rangka memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, karena dengan kebijakan ini, akan memudahkan bagi masyarakat dalam rangka pengurusan ijin-ijin yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Pasuruan, sehingga dengan langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan dapat menepis isu yang berkembang di masyarakat khususnya terhadap pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu Implementasi Program Unit Pelayanan Terpadu (UPT) menunjukkan adanya peningkatan yang cukup menonjol terhadap jumlah pemohon ijin-ijin yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan di Unit Pelayanan Terpadu. Data ini sebagai wujud kongkrit terhadap kebijakan publik yang ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan terhadap Pelayanan kepada masyarakat selanjutnya dalam perjalanan Unit Pelayanan Terpadu terdapat faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat juga dianalisa melalui data-data yang ada dengan tujuan agar implementasi Program Unit Pelayanan Terpadu (UPT) dapat dijadikan sebagai bahan pedoman dalam penerimaan yang akan datang, sehingga faktor penghambat dapat dieleminir sedemikian rupa untuk dicarikan jalan keluamya yang terbaik dalam rangka Peningkatan Kinerja Unit Pelayanan Terpadu (UPT). Dengan demikian responsibilitas dan implementasi program Unit Pelayanan Terpadu merupakan wujud dari kebijakan publik Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tentunya juga melihat faktor pendukung dan penghambatnya, oleh karena itu alangkah lebih baiknya apabila dalam UPT disarankan untuk ditingkatkan menjadi Dinas Perijinan Kabupaten Pasuruan.

English Abstract

The research was started from some rumours that spread in society,thafls, the services given by the government tend to be so complicated, long and there is not any limited time to finish and the place is separated. So it makes the user of services confused. The Purpose of the research is to describe the phenomenon that appear in the implementation program with its inhibiting and supporting factors in One Stop Service. That is why the research was done by using qualitative model which present data tobe analyzed through Data Analysis Process using Miles and Huberman Model. The finding of the research indicated that the responsibility of One Stop Service as the form of the implementation of public capability represents tha capability of the authority of Pasuruan Regency in supplying good services for the society to apply provision permit that is issued by the authority of Pasuruan Regency. Hopefully, it can erase the bad rumour which spread in the society about government services. Moreover, the implementation of One Stop Service Program measured the increasing that conspicuous enough toward the total number of requester given by the authority of Pasuruan Regency in One Stop Service. This data is one of the concrete -public capability done by the authority of Pasuruan Regency to give services for the society. Furthermore, on the way of One Stop Service, there are some supporting and inhibiting factors analyzed through the data in order the implementation of One Stop Service to become the guidance in the future planning so that the inhibiting factor can be eliminated to look for the best problem solving in increasing One Stop Service’ way of working. So the responsibility and the implementation of One Stop Service Program is the manifestation of public service policy of Pasuruan Regency in the increasing service to the society. Of course, we also consider the supporting and inhibiting factors. So it is better if One Stop Service is increased to be the Permit Service of Pasuruan Regency.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 041309416
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:51
Last Modified: 22 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231884
[thumbnail of Sri Aprillilik Briliantiningsih.pdf] Text
Sri Aprillilik Briliantiningsih.pdf

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item