Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Kajian Terhadap Pelayanan Pendaftaran Hak Milik Atas Tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto).

Bachtiar, Sony (2002) Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Kajian Terhadap Pelayanan Pendaftaran Hak Milik Atas Tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya anggota masyarakat melihat dan merasakan bahwa sebagian besar organisasi publik kita di berbagai sektor (termasuk pertanahan), telah berada dalam suatu kondisi yang dikenal dengan istilah organizational slack. Hal ini ditandai dengan menurunnya kualitas pelayanan yang diberikan. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan hal ini, yaitu pendekatan/ orientasi yang kaku, visi pelayanan yang sempit, penguasaan terhadap administrative engineering yang tidak memadai dan semakin bertambah tambunnya unit-unit organisasi publik yang tak difasilitasi dengan 3 P (personalia, peralatan, dan penganggaran) yang cukup dan handal (viable bureaucratic infrastructure). Aparat organisasi publik menjadi lamban dan sering teijebak ke dalam kegiatan rutin. Mereka tidak responsif terhadap aspirasi dan kepentingan publik serta lemah adaptasinya terhadap perubahan yang teijadi di lingkungannya. Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci kualitas pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta memahami strategi peningkatan kualitas pelayanan publik yang dapat menjamin kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah. Penelitian dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian kasus. Yang menjadi fokus penelitian adalah : (1) mengetahui kualitas pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto, melalui faktor-faktor : persyaratan untuk memperoleh hak milik atas tanah; besarnya biaya yang dikeluarkan pemohon/masyarakat; prosedur pelayanan; lama proses pelayanan; dan kuantitas bidang tanah hak milik yang sudah didaftarkan/disertipikatkan; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah : faktor internal dan ekstemal organisasi, dengan analisa SWOT; dan (3) Strategi yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis di dalam situs. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendaftaran hak milik atas tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto masih perlu ditingkatkan. Dari segi kuantitas, bidang tanah yang sudah didaftarkan baru mencapai 24 %. Selain itu perlu strategi dengan menggunakan analisis SWOT untuk meningkatkan pelayanan dengan mencermati faktor-faktor : (1) Sumber daya manusia; (2) Sarana dan prasarana; (3) Sumber dana; (4) Perangkat hukum; (5) Sosialisasi pendaftaran tanah; dan (6) Prosedur pendaftaran ranah

English Abstract

This research was done based on the fact, many people saw and perceived that most of our public organization in the various sector (including the land sector), have been in a condition known as in the term organizational slack. This condition identified by the declining of the public services given. The goals of this research are to find out and to describe in detail, the land proprietary right registration service quality, and the factors influencing it, at Mojokerto Residency Land Office, and to understand the strategy to improve public services that could guarantee the society satisfaction, as the registration land proprietary service consumers. The research has been done at Mojokerto Residency Land Office. We used qualitative research approach by a case investigation strategy. The research focuses are: (1) to know the land proprietary right registration service quality at Mojokerto Residency Land Office through the factors, such as: the requirements to get the land right proprietary; the cost spent by the requester/society; the procedures of the service; the length of the service process; and the quantity of the land proprietary right field which has been registered/certified. (2) The factors influencing the improvement of the land proprietary right registration service quality: the internal and external organization factors, by the SWOT analysis; and (3) the strategy required to be developed to improve land proprietary right registration service quality at Mojokerto Residency Land Office. The data collection techniques are by interview, observation, and documentation analysis. The analysis in this research using the analysis in the website. From the research showed that the land proprietary right registration service quality at Mojokerto Residency Land Office needs to be improved. From the quantity point of view, the land field, which have been, registered only 24%. In addition, we need a strategy to improve the service quality by analyzing some factors such as: strength (power) that are: (1) human resources (2) equipment and infrastructure (3) the fund source; and (4) the law equipment; the weakness factor (weakness) are: (1) the measurement staff performance; (2) the length of the service process and (3) the weak of the procedure enforcement; opportunity factors (chance) are: (1) the high of the society interest (2) the number of service agency (3) the support from simultaneously illumination activity of the Mojokerto Residency Government and the threats factor (threat) are: (1) given some complaint from some parties toward the certified products (the land contradiction) (2) given some irresponsible parties, who counterfeit the land certificates (3) the low society awareness to install the border sign.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 041309365
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:37
Last Modified: 22 Oct 2024 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231874
[thumbnail of SONY BACHTIAR.pdf] Text
SONY BACHTIAR.pdf

Download (20MB)

Actions (login required)

View Item View Item