Efisiensi Distribusi Susu Dan Impiikasinya Terhadap Value Added Susu Pasteurisasi, ( Studi Kasus Pada KUD DAU Kabupaten Malang )

Maskur, Carnal Adi (2007) Efisiensi Distribusi Susu Dan Impiikasinya Terhadap Value Added Susu Pasteurisasi, ( Studi Kasus Pada KUD DAU Kabupaten Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan kegiatan ekonomi yang berbasis petemakan merupakan salah satn kegiatan ekonomi yang memiliki prospek ke depan. Karakteristik produk petemakan ( daging, susu, telur dan produk lainnya ) yang merupakan salah satu bahan pangan dan permintaannya relatif tinggj. Karakteristik permintaan yang demikian dan potensial pengembangan yang masih cukup besar di Indonesia, menjadi alasan pokok untuk menjadikan petemakan sebagai salah satu sumber pertumbuhan bagi sektor pertanian. Permasalahan dalam penelitian meliputi : Bagaimana saluran pendistribusian, margin pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran dan efisiensi jalur pemasaran produk susu pasteurisasi KUD DAU. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui saluran pemasaran produk susu pasteurisasi KUD DAU, tingkat efisiensi pemasaran dan khierja jalur pemasaran pada unit usaha pengolahan susu pasteurisasi. Kegunaan penelitian ini adalah Sebagai bahan informasi untuk mengadakan penelitian mengenai pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU , bahan pertimbangan untuk menetapkan keputusan yang diambil oleh KUD DAU dan bahan informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Kegiatan penelitian dilaksanakan di unit usaha pengolahan susu pasteurisasi KUD DAU. Kegiatan penelitian berlangsung mulai tanggal 25 Oktober sampai 30 Novemeber 2006. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja dengan kepentingan penelitian. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa jalur pemasaran pada unit usaha pengolahan susu pasteurisasi KUD DAU sebagai berikut : a. Produsen — konsiunen b. Produsen— Agen— Pengecer —*. konsumen c. Produsen — Pengecer — konsumen I. Analisa pendistibusian produk A. Margin pemasaran Analisis margin pemasaran menunjukkan bahwa Saluran II dan III efisien karena margin pemasaran yang terbentuk kecil dibandingkan saluran I dan IV. Saluran I terbenuk margin pemasaran sebesar Rp. 200; dengan biaya pemasaran 10 persen dan keuntungan 90 persen. Saluran II terbentuk margin pemasaran sebesar Rp.200; dengan biaya pemasaran 12,5 persen dan keuntungan 87,5 persen. B. Harga yang diterima Produsen Share harga yang diterima produsen pada saluran pemasaran I sebesar 88,8 persen. Saluran pemasaran II terbentuk share harga yang diterima produsen sebesar 80 perseii. Saluran pemasaran III terbentuk share harga yang diterima produsen sebesar 80 persen. sedangkan pada saluran pemasaran IV share yang terbentuk sebesar 66,6 persen. Nilai share harga yang diterima produsen pada keempat saluran pemasaran diatas 40 persen, hal ini menunjukkan bahwa keempat saluran pemasaran tersebut efisien. C. Share Keuntungan Per biaya Share keuntungan per share biaya yang terbesar teijadi pada saluran pemasaran II yaitu 9, tetapi salman yang paling efisien adalah saluran I dan IV, walaupun share keuntungan per share biaya yang terbentuk lebih kecil dan saluran pemasaran II, karena saluran I dan IV terbentuk pemerataan antara share biaya pemasaran dan share keuntungan D. Berdasarkan Analisis Kinerja Jalur Pemasaran ( S-C-P ) dapat disimpulkan bahwa : a. Analisis struktur pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. b. Analisis perilaku pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. c. Analisis penampilan pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. 2. Value Added yang terbentuk dari pengolahan susu pasteurisasi KUD DAU Value added yang terbentuk selama satu tahun produksi sebesar Rp. 441.723.216,00 atau 42,8 % . sedangkan Value added yang terbentuk pada saluran distribusi I sebesar Rp.100;, untuk agen,serta sebesar Rp.300; untuk pengcer . Pada saluran II dan III ada value added untuk instansi / mitra keija/ konsumen langsung sebesar Rp.200; sedangkan pada saluran distribusi IV ada value added untuk pengecer sebesar Rp. 400;.

English Abstract

The research program on “Distribution efficiency of milk and implication to added value pasteurization milk ( study at KUD DAU Malang regency) on 25* October - 30th November 2006. The aims of it are to understand the market efficiency, benefit share and cost share from each market institutions of milk product and market cost and price of product in market . Also by using structure, conduct and market performance. The result using of this research are the marketing channel that created on milk product system are : a. KUD DAU b. KUD DAU c. KUD DAU Final Consumer Agency Retailer Consumer Retailer Consumer Final Customer Final Consumer The result of marketing efficiency showed that marketing margin for first channel , second channel, and third channel is efficient. Farmer’s share showed 88 ,8 percent for first channel, 80 percent for third channel and for fourth channel 66 ,6 for fourth channel so all channel is efficient because farmer’s share over 40 percent. Benefit share and cost share showed for first channel is 75 percent and 25 percent. Benefit share and cost share showed for fourth channel is 68,75 percent and 31,25 percent. First channel and fourth channel showed is efficient because benefit share and cost share balanced. For the S-C-P analyze showed that efficiency of marketing channel is efficient. Added value of pasteurization milk KUD DAU to 441.723.216,00 rupiahs or 42,8 percent Tire conclusion from this research is efficiency analyze showed that the marketing channel is efficient and the suggested to KUD DAU is to extend the market and more taking care of relationship between marketing intuitions so (lie marketing channel of milk product can be efficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050700946
Uncontrolled Keywords: Share Marketing margin Marketing channel Efficiency
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:05
Last Modified: 21 Oct 2024 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231812
[thumbnail of 050700946.pdf] Text
050700946.pdf

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item