Santoso, H. Idewan Budi (2002) Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penulisan bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pelayanan Rumah Sakit Umum Tanjung Selor dan akuntabilitas pelayananan publik khususnya dalam pelayananan kesehatan di RSUD Tanjung Selor. Untuk itu penelitian ini difokuskan pada jenis pelayanan, mekanisme/ proses pengawasan pelayanan, faktor penghambat dan faktor pendukung dengan menggunakan metode pendekatan secara kualitatif melalui pengamatan secara cermat pada wilayah penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa pelaksanaan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawah pelayanan kepada masyarakat telah dilaksanakan secara baik melalui peningkatan kineija pelayanan dan penggunaan sarana/prasarana secara optimal. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung dalam mewujudkan pelayanan yang prima, namun demikian keterbatasan tenaga medis, paramedis dan non medis serta rendahnya motivasi keija pegawai menjadi penghambat dalam mewujudkan pelayanan prima. Untuk itu disarankan agar dapat mewujudkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat perlu peningkatan kemampuan sumber daya manusia maupun jumlah tenaga yang memadai.
English Abstract
This writing destination was to know about the Tanjung Selor Hospital’s service development and public service’s accountability especially the healthy care in RSUD Tanjung Selor. So that, this research was focussed in service variety, service controll mechanism/process, pursuer factor and support factor by using approximation method according to qualitative with accurate supervision in research location. Research’s result was presented that function, job, authority and responsibility execution of service to the community already done well by increasing service and optimalize using of tools and equipment. Preparation of enough material being the support factor in realizing perfect service, but the limited medical employee, paramedic and non medic with work low motivation of the employee being the pursuer in realizing perpect service. For that point, suggested in order to realizing good service to community need an in increasing of human resources ability whwther enough energy quantity.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | - |
Uncontrolled Keywords: | - |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231805 |
Text
-Idewan Budi Santoso.pdf Download (17MB) |
Actions (login required)
View Item |