Faktor-Faktor Yang Mempengaruh1 Price Earning Ratio Dalam Penilaian Saham (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan Makanan Dan Minuman Dan Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Listing Di Bursa Ei'ek Jakarta)

Restanti, Yani Dwi and Moch. Ichsan, Prof. Dr. and Drs. Nengah Sudjana, M.Si (2003) Faktor-Faktor Yang Mempengaruh1 Price Earning Ratio Dalam Penilaian Saham (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan Makanan Dan Minuman Dan Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Listing Di Bursa Ei'ek Jakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap price earning ratio, sebagai salah satu pendekatan untuk melakukan analisis dalam penilaian saham. Faktor fundamental yang dipakai dalam penelitian ini adalan return on equity, dividen payout ratio, leverage ratio dan tingkat pertumbuhan laba. Desain penelitian yang digunakan adalah eksplanation research yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuktikan dan memberi penjelasan mengenai pengaruh dan hubungan antara variabel penelitian yang sekaligus menguji kebenaran dari hipotesis yang telah dirumuskan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman dan perusahaan otomotif dan komponen yang listing di Bursa Efek Jakarta. Sampel yang dipakai dalam penelitian terdiri dari 15 perusahaan makanan dan minuman dan 13 perusahaan otomotof dan komponen. Data yang dipakai adalah data sekunder. Analisis dengan mengunakan bantuan program SPSS versi 10.00. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio dengan probabilitas sebesar 0,000. Secara parsial dapat diketahui bahwa variabel bebas return on equity berpengaruh terhadap price earning ratio dengan probabilitas sebesar 0,000, berhubungan positif dengan koefisien regresi sebesar 0,361. Variabel dividen payout ratio berpengaruh terhadap price earning ratio dengan probabilitas sebesar 0,031, berhubungan positif dengan koefisien regresi sebesar 0,175. Variabel leverage ratio berpengaruh terhadap price earning ratio dengan probanilitas sebesar 0,014, berhubungan negatif dengan koefisien regresi sebesar minus 0,163. Variabel pertumbuhan laba berpengaruh dengan probabilitas sebesar 0,000, berhubungan negatif dan koefisien regresi sebesar minus 0,243. Analisis mengenai kewajaran harga saham menunjukkan bahwa harga saham yang ada belum menunjukkan harga yang wajar. Dan rata-rata price earning ratio antara perusahaan makanan dan minuman dan perusahaan otomotif dan komponen terdapat perbedaan. Oleh karena itu investor disarankan dalam melakukan kegiatan investasi sebaiknya memperhatikan faktor-faktor fundamental perusahaan. Mengingat dapat membentu dan mempermudah investor dalam melakukan pembelian dan penjualan saham.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040303
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:33
Last Modified: 21 Oct 2024 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231788
[thumbnail of YANI DWI RESTANTI.pdf] Text
YANI DWI RESTANTI.pdf

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item