Putri, Apriliana Wanda Cantika and Ruth Agnesia Sembiring, S.Sos., MA (2024) Strategi Komunikasi Program "Kemis Mbois" Tahun 2023 Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan strategi komunikasi yang diterapkan dalam program “Kemis Mbois” oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah persaingan pasar, di mana UMKM menghadapi tantangan peningkatan penjualan akibat perubahan preferensi konsumen dan terbatasnya akses pasar. Program ini sebagai bentuk dukungan untuk pelaku UMKM di bidang fashion dengan mewajibkan ASN atau pegawai Pemerintah Kota Malang menggunakan produk-produk UMKM lokal setiap Hari Kamis. Dalam program ini memanfaatkan media instagram resmi Pemerintah Kota Malang untuk publikasi konten yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Pisau analisis dalam penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi oleh Middleton, dengan lima indikator yakni komunikator, pesan, media, komunikan, dan pengaruh (efek). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan telah berjalan dengan baik. Keberhasilan strategi komunikasi dapat dilihat dari beberapa indikator yang menunjukkan pengaruh positif terhadap pelaksanaan program. Bukti keberhasilan komunikasi terlihat dari partisipasi ASN atau pegawai pemerintah untuk menggunakan produk UMKM lokal, mereka berpegang pada tujuan Kemis Mbois melalui Surat Edaran Wali Kota Malang. Lalu respon positif dari pelaku UMKM menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan berhasil memberikan pengaruh dalam meningkatkan dukungan serta penjualan produk UMKM. Di sisi lain, Program "Kemis Mbois" memiliki kekurangan karena tidak ada sanksi dan hanya berupa imbauan. Dengan demikian, Pemerintah Kota Malang perlu mempertimbangkan pemberlakuan sanksi yang sesuai untuk menunjang keberlanjutan dari program tersebut
English Abstract
This research aims to identify the communication strategies implemented in the "Kemis Mbois" program by the Malang City Government through the Malang City Industry and Trade Cooperative Service. This research is motivated by the problem of market competition, where MSMEs face the challenge of increasing sales due to changes in consumer preferences and limited market access. This program is a form of support for MSME players in the fashion sector by requiring ASN or Malang City Government employees to use local MSME products every Thursday. This program uses the official Instagram media of the Malang City Government to publish content carried out by the Malang City Communication and Information Service. This research uses qualitative methods with data collection techniques through interviews and documentation. The analysis knife in this research uses Middleton's theory of communication strategy, with five indicators, namely communicator, message, media, communicant, and influence (effect). The research results show that the communication strategy implemented has worked well. The success of the communication strategy can be seen from several indicators that show a positive influence on program implementation. Evidence of the success of communication can be seen from the participation of ASN or government employees in using local MSME products, they adhere to the goals of Kemis Mbois in the Circular Letter of the Mayor of Malang. Then the positive response from MSME players shows that the communication strategy implemented has succeeded in having an influence in increasing support and sales of MSME products. On the other hand, the "Kemis Mbois" program has shortcomings because there are no sanctions and only form an appeal. Thus, the Malang City Government needs to consider implementing appropriate sanctions to support the sustainability of the program
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110198 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Kemis Mbois, Pemerintah Kota Malang, UMKM.Communication Strategy, Kemis Mbois, Malang City Government, MSMEs. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:39 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231595 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Apriliana Wanda Cantika Putri.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |