As’siddiq, Abubakar and Prof. Dr. Eng. Widya Wijayanti, ST., MT and Prof. Dr. Eng. Eko Siswanto, ST., MT (2024) Pengaruh Pelaksanaan Compressor Wash Terhadap Laju Deteriorasi Dan Laju Alir Bahan Bakar Pada Mesin Turbofan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
dalam pengoperasiannya, setiap komponen mesin seperti kompresor, turbin, dan bilah kipas, mengalami penurunan performa. Dampak dari penurunan performa ini menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar sehingga menciptakan motivasi yang kuat bagi operator turbin gas untuk meminimalkan dan mengontrol laju deteriorasi dari mesin turbin gas. Masalah penurunan yang paling signifikan yang dihadapi oleh operator turbin gas adalah kontaminasi pada kompresor dan usia pakai komponen. Efek dari kontaminasi kompresor adalah penurunan aliran udara, rasio tekanan udara, dan efisiensi kompresor, yang mengakibatkan menurunnya daya yang dihasilkan dan menurunnya efisiensi termal. Tesis ini memberikan analisis praktis yang komprehensif tentang penyebab, efek, dan pengendalian deteriorasi pada mesin turbin gas. Turbin gas memerlukan perawatan secara berkala untuk menjaga daya tahan dan efisiensnya. Faktor paling signifikan dalam penurunan kinerja turbin gas adalah kotoran di bagian kompresor akibat kontaminan yang masuk dan mengendap. Efek dari kontaminan yang masuk dan mengendap ini adalah penurunan aliran udara, rasio tekanan udara, dan efisiensi kompresor. Hal ini mengakibatkan penurunan kinerja dan mesin harus berputar lebih cepat serta menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan gaya dorong yang diperlukan. Solusi dari kontaminasi pada bagian kompresor ini adalah dengan melakukan pencucian kompresor yang membersihkan kontaminan dan mengembalikan kinerja mesin yang hilang akibat pengaruh kontaminan tersebut. Terlihat bahwa perbaikan terjadi yang ditandai dengan kenaikan margin temperatur, margin putaran poros, dan delta laju aliran bahan bakar yang sebelumnya menurun akibat kontaminan. Juga diketahui bahwa waktu terbaik untuk melakukan pencucian kompresor adalah sekitar 250 sampai 300 siklus, karena pada titik ini mesin sudah sangat terkontaminasi, bekerja dengan keras, dan menggunakan banyak bahan bakar untuk memberikan daya yang diperlukan. Dan mulai melebihi batas margin N3 yang ditentukan oleh produsen mesin. Oleh karena itu, kinerja mesin harus dipelihara agar mesin tidak mendekati batas margin untuk mencapai efisiensi dan umur pakai mesin maksimum.
English Abstract
During operation, every engine component such as compressor, turbines, and fan, deteriorates in performance. The impact of the deterioration results the increased fuel consumption thus created a strong incentive for gas turbine operators to minimize and control performance deterioration. The most significant deterioration problem faced by gas turbine operators is compressor fouling and and the lifetime of components. The effect of compressor fouling is a drop in airflow, pressure ratio and compressor efficiency, resulting in a rematching of the gas turbine and compressor and a drop in power output and thermal efficiency. This paper provides a comprehensive practical analysis of the causes, effects and control of deteriorations. The gas turbine necessarily needs maintenance to keep the engine durable and efficient. The most significant factor in the deterioration of the gas turbine is the dirt in the compressor section due to contaminants that enter and settle. The effects of contaminants that enter and settle is the decrease of airflow, pressure ratios and efficiency of the compressor. This result in the decreased performance and the engine must be spinning faster and use more fuel to generate the thrust required. The solutions for these fouling compressor is by doing compressor wash which cleans contaminants and restores lost engine performance due to the influence of these contaminants. It is seen that the improvement occurs which is marked by the rising back of TGT margin, N3 margin and delta fuel flow which had previously declined due to contamination. It is also known that the best time to do a compressor wash is around 300 cycles, because by this point the engine is already heavily contaminated, works hard and using a lot of fuel to provide the necessary power. And it started to exceed the N3 margin limit specified by the engine manufacturer. So, the engine performance should be maintained so that the engine does not approach the margin limit in order to achieve the efficiency and maximum engine service life.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0424070226 |
Uncontrolled Keywords: | Compressor Wash, Turbin Gas Temperature, Gas Turbin, Turbofan, TGT Margin, N3 Margin |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231450 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abubakar As`siddiq.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |