Nibroos, Muhammad and Dr. Intan Rahmawati, S.Psi., M.Si. (2024) Relasi Pertemanan Pada Mahasiswa Difabel Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertemanan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, termasuk bagi mahasiswa difabel yang berusaha membangun dan mempertahankan pertemanan di lingkungan Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika relasi pertemanan pada mahasiswa difabel Universitas Brawijaya dengan teman dekat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara semi terstruktur dan observasi. Penentuan informan didasarkan pada teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian, di antara lain 1) Mahasiswa Aktif S1 Universitas Brawijaya, dan 2) Mahasiswa Difabel Universitas Brawijaya. Informan penelitian berjumlah 8 orang. Informan terdiri dari Difabel Daksa, Tuli dan Netra. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap individu memilki dinamika relasi pertemanan yang berbeda dengan berbagai latar belakang. Perbedaan dinamika relasi pertemanan difabel ini disebabkan tingkat kedekatan dan keakraban pada hubungan pertemanan. Pertemanan difabel yang kuat ditandai dengan pertemuan rutin, melakukan aktivitas bersama, sudah berteman dalam waktu yang lama, dukungan emosional yang mendalam, minat bersama/tergabung dalam komunitas tertentu, membagikan rahasia dan masalah pribadi dan penyelesaian konflik terbuka. Implikasi dari penelitian ini yakni Universitas dapat mengadakan workshop atau seminar untuk meningkatkan pemahaman tentang difabel, Membentuk program dukungan sebaya dapat membantu mahasiswa difabel dan non-difabel berinteraksi dalam lingkungan yang positif, Memasukkan topik difabel dalam kurikulum kampus dapat meningkatkan pemahaman dan empati tentang teman teman difabel.
English Abstract
Friendship is one of the important aspects in human life, including for students with disabilities who try to build and maintain friendships in the environment of Universitas Brawijaya. This study aims to understand the dynamics of friendship relations among disabled students of Universitas Brawijaya with close friends. The research was conducted using a qualitative method with a phenomenological approach. The data collection techniques used were semi-structured interviews and observation. The determination of informants was based on purposive sampling technique by considering several criteria in accordance with the research objectives, including 1) Active undergraduate students of Universitas Brawijaya, and 2) Students with disabilities of Universitas Brawijaya. The research informants totaled 8 people. The informants consisted of people with physical, deaf and visual disabilities. The data analysis technique used is the Miles and Huberman data analysis technique. Data credibility test using data source triangulation. The results found that each individual has different friendship relationship dynamics with various backgrounds. The difference in the dynamics of disabled friendship relationships is due to the level of closeness and familiarity in the friendship relationship. Strong disabled friendships are characterized by regular meetings, doing activities together, having been friends for a long time, deep emotional support, shared interests/joining certain communities, sharing secrets and personal problems and open conflict resolution. The implication of this research is that the University can hold workshops or seminars to increase understanding about disability, Establishing a peer support program can help disabled and non-disabled students interact in a positive environment, Including disability topics in the campus curriculum can increase understanding and empathy about friends with disabilities
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110173 |
Uncontrolled Keywords: | Difabel, Kualitatif, Mahasiswa, Pertemanan-Disability, Qualitative, Student Collage, Friendship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231329 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Nibroos.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |