Syamil, Muhammad Fauzan and Reza Safitri, S.Sos, M.Si, Ph.D. (2024) Pengaruh Product Placement Game Free Fire pada Film Mencuri Raden Saleh Terhadap Brand Awareness (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Penonton Wanita). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi pemasaran memiliki peran penting dalam meningkatkan brand awareness. Berbagai strategi pemasaran dilakukan oleh perusahan dalam meningkatkan brand awareness, salah satunya yaitu dengan product placement. Kemajuan teknologi dengan begitu banyak perkembangan, mengaplikasikan product placement kedalam film. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana product placement game FREE FIRE mempengaruhi brand awareness penonton wanita indonesia. Penelitian ini menerapkan Teori S-O-R (stimulus, organisme, respon) dengan Stimulus pada penelitian ini adalah Product placement game FREE FIRE. Organisme pada penelitian ini adalah penonton film Mencuri Raden Saleh wanita indonesia. Respon pada penelitian ini adalah brand awareness penonton wanita. Paradigma yang digunakan adalah positivistik dan pendekatan kuantitatif. penelitian ini memiliki 100 sampel dan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobality sampling. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan IBM SPSS versi 29. Hasil menunjukan bahwa pengaruh positif dengan angka 98.2% yang mana product placement game FREE FIRE mempengaruhi brand awareness penonton wanita indonesia. Limitasi penelitian ini hanya meneliti penonton wanita sebagai organisme pada penelitian product placement game FREE FIRE dalam film Mencuri Raden Saleh. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan tambahan variabel yang mampu memperkuat pembentukan brand awareness pada product placement dalam film
English Abstract
Marketing communication plays a crucial role in increasing brand awareness. Various marketing strategies are employed by companies to enhance brand awareness, one of which is product placement. Technological advancements have enabled the integration of product placement into films. This study aims to understand how the product placement of the game FREE FIRE affects the brand awareness of female Indonesian viewers. The research applies the S-O-R (StimulusOrganism-Response) Theory, where the stimulus in this study is the product placement of the FREE FIRE game. The organism in this research is female Indonesian viewers of the film "Mencuri Raden Saleh," and the response is their brand awareness. The study adopts a positivistic paradigm and a quantitative approach. It involves 100 samples, using non-probability sampling techniques. The data collected was processed using IBM SPSS version 29. The results show a positive influence, with a rate of 98.2%, indicating that the product placement of the FREE FIRE game impacts the brand awareness of female Indonesian viewers. The limitation of this study is that it only examines female viewers as the organism in the product placement of the FREE FIRE game in the film "Mencuri Raden Saleh." Future research is expected to add variables that can further strengthen the formation of brand awareness through product placement in films
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110172 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Product Placement, Brand Awareness, Teori Stimulus – Organisme – Respon.Marketing Communication, Product Placement, Brand Awareness, Stimulus-Organism-Response Theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231328 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fauzan Syamil.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |