Muzhaffar, Muhammad Dhafin and Dewi Puspita Rahayu, S. Sos., MA (2024) Penerapan dan Dampak Sistem Poin yang Diberlakukan PT X Indonesia Bagi Mitra Ojek Online di Kota Bogor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan dan dampak sistem poin bagi mitra pengemudi aplikasi X di Kota Bogor. Penerapan sistem poin ini menjadi masalah karena perubahan yang terjadi seringkali tidak menguntungkan mitra pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan dampak sistem poin yang dijalankan oleh perusahaan X dengan mitra pengemudi ojek online sebagai pekerjanya. Penelitian ini menggunakan teori konflik yang dikemukakan oleh Ralf Dahrendorf sebagai pisau analisis untuk mengkaji penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif guna menyelidiki dan memperoleh pemahaman mengenai fenomena sosial melalui informasi yang didapatkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem poin mitra yang terjadi khususnya pada Kota Bogor mengharuskan mereka menjalankan pekerjaannya dengan target tertentu untuk mendapatkan insentif sebagai penghasilan. Sistem poin ini menimbulkan permasalahan dalam komunitas mitra pengemudi karena menciptakan ketidakpastian pendapatan dan mendorong mereka untuk mencari penghasilan tambahan di luar kemitraan dengan perusahaan X
English Abstract
This research examines the implementation and impact of the points system for driver partners of the X application in Bogor City. Implementing this points system is a problem because the changes that occur often do not benefit driver partners. This research aims to find out the implementation and impact of the points system run by company X with online motorcycle taxi driver partners as its workers. This research uses the conflict theory put forward by Ralf Dahrendorf as an analytical tool to examine research. This research uses a qualitative approach to investigate and gain an understanding of social phenomena through the information obtained. Data collection techniques used include observation, interviews and documentation studies as tools for collecting data. The collected data was analyzed through the stages of data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the implementation of the partner points system, especially in the city of Bogor, requires them to carry out their work with certain targets to get incentives as income. This points system creates problems within the driver-partner community because it creates income uncertainty and encourages them to seek additional income outside of the partnership with company X
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110171 |
Uncontrolled Keywords: | sistem poin mitra, konflik, ojek online, gig worker-partner points system, conflict, online motorcycle taxi, gig worker |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231327 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Dhafin Muzhaffar.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |