Pengaruh Konsumen Kosmopolitan terhadap Niat Pembelian (Mediator Iklan Autentik): Studi pada Anggota UKM Karate Brawijaya

Vallentino, Muhammad Angga and Maya Diah Nirwana, S.Sos., M.Si. (2024) Pengaruh Konsumen Kosmopolitan terhadap Niat Pembelian (Mediator Iklan Autentik): Studi pada Anggota UKM Karate Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsumen kosmopolitan terhadap niat pembelian produk global yaitu pakaian karate Arawaza dan mengetahui apakah masih ada pengaruh konsumen kosmopolitan terhadap niat pembelian produk global jika dimediasi iklan autentik dari produk Arawaza. Dengan menggunakan metode kuantitatif, populasi penelitian adalah anggota UKM INKAI Karate Universitas Brawijaya. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan cara quota sampling dengan jumlah sampel 46 orang. Kriteria anggota UKM INKAI Karate Universitas Brawijaya yang aktif, atlet, dan mengetahui produk pakaian karate Arawaza. Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis parsial atau uji t, dan analisis variabel mediator menggunakan process di SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan konsumen kosmopolitan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat pembelian produk global dan pengaruh konsumen kosmopolitan terhadap niat pembelian produk global jika dimediasi oleh iklan autentik tidak berpengaruh signifikan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel konsumen kosmopolitan memengaruhi niat pembelian produk pakaian karate Arawaza sebesar 53,4% sedangkan 46,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

This research objective was to determine the effect of cosmopolitan consumers on the purchase intention of global products, namely Arawaza karate clothing and to find out whether there is still an influence of cosmopolitan consumers on the intention to purchase global products if mediated by authentic advertising. Using the quantitative method, the research population was members of UKM INKAI Karate Universitas Brawijaya. The sampling technique is nonprobability sampling by quota sampling with a sample size of 46 people. The criteria of the sample size are the members of UKM INKAI Karate Universitas Brawijaya who are active, athletes, and know Arawaza karate clothing products as. Questionnaires are used as a data collection technique and the data used is primary data. The data analysis technique is uses simple linear regression, the coefficient of determination, partial hypothesis testing or t-test, and analysis of mediator variables using the process in SPSS version 26. The results showed that cosmopolitan consumers had a positive and significant effect on global product purchase intentions and the influence of cosmopolitan consumers on global product purchase intentions if mediated by authentic advertising had no significant effect. The coefficient of determination shows that the cosmopolitan consumers variable affects the purchase intention of Arawaza karate clothing products by 53.4% while the other 46.6% is influenced by other variables not discussed in this study

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110169
Uncontrolled Keywords: Konsumen Kosmopolitan, Niat Pembelian, Iklan Autentik, Arawaza.Cosmopolitan Consumers, Purchase Intention, Authentic Advertising, Arawaza
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:36
Last Modified: 12 Dec 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231324
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Angga Vallentino.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item