Shakira, Kathrin and I Wayan Suyadnya, SP., M. Sos. (2024) Pemaknaan Konsumsi Merchandise KPop pada Penggemar Stray Kids di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini fokus untuk memaknai konsumsi merchandise K-Pop pada penggemar Stray Kids di Malang. Penelitian didasari oleh fenomena penggemar KPop yang berlebihan dalam mengonsumsi suatu merchandise terkait dengan idolanya. Aktivitas ini tidak hanya mengumpulkan barang saja, namun juga mengandung makna khusus bagi penggemar K-Pop. Penelitian dilakukan menggunakan teori masyarakat konsumsi milik Jean Baudrillard. Teori ini menjelaskan merchandise K-Pop memiliki peran sebagai tanda simbolis yang membentuk identitas dan interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan, yakni kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap subjek penelitian yang juga dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Proses wawancara menggunakan teknik Purposive Sampling dengan melakukan wawancara kepada lima penggemar. Observasi dilakukan untuk melihat kehidupan penggemar pada kegiatan di komunitas serta media sosial. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi ini berdasarkan hasil dari lapangan berupa mencari penelitian terdahulu, dan dokumen terkait dengan konsumsi penggemar. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi merchandise bagi penggemar ditentukan atas dasar usaha penggemar untuk meniru, memperlihatkan dan memperoleh pengakuan sosial dari lingkungan. Terdapat kepuasan tersendiri yang mereka kejar dalam mengonsumsi merchandise. Merchandise K-Pop tidak memiliki arti berdasarkan kegunaannya, namun berdasarkan apa yang mereka maknai. Pengalaman membeli dan memiliki merchandise, serta kebahagiaan yang diperoleh dari memajang barang tersebut menunjukkan bagaimana nilai tanda memainkan sebuah peran utama dalam keputusan mengonsumsi.
English Abstract
This study focuses on interpreting the consumption of K-Pop merchandise among Stray Kids fans in Malang. The study is based on the phenomenon of K-Pop fans who are excessive in consuming merchandise related to their idols. This activity is not only collecting goods, but also has a special meaning for K-Pop fans. The study was conducted using Jean Baudrillard's theory of consumer society. This theory explains that K-Pop merchandise has a role as a symbolic sign that forms identity and social interaction. The research method used is qualitative through a phenomenological approach. Data collection was carried out by means of in-depth interviews with research subjects which were also equipped with observation and documentation. The interview process used the Purposive Sampling technique by interviewing five fans. Observations were made to see the lives of fans in activities in the community and social media. Data collection using this documentation is based on the results of the field in the form of searching for previous research, and documents related to fan consumption. The results of the study show that merchandise consumption behavior for fans is determined based on the fans' efforts to imitate, show and gain social recognition from the environment. There is a certain satisfaction that they pursue in consuming merchandise. K-Pop merchandise does not have meaning based on its utility, but on what it signifies. The experience of buying and owning merchandise, and the joy derived from displaying the item show how sign value plays a major role in consumption decisions
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110163 |
Uncontrolled Keywords: | Konsumsi, Penggemar, dan Merchandise K-Pop=-Consumption, Fan, and K-Pop Merchandise |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231317 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kathrin Shakira.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |