Kecemasan Penumpang Perempuan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Pada Tindak Pelecehan Seksual

Adni, Julia Handari Nur and Intan Rahmawati, S.Psi., M.S (2024) Kecemasan Penumpang Perempuan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Pada Tindak Pelecehan Seksual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepadatan di dalam KRL dapat meningkatkan kemungkinan adanya tindak kejahatan yang membuat penumpangnya merasakan kecemasan ketika menggunakan transportasi umum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kecemasan yang dialami oleh penumpang perempuan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line pada tindak pelecehan seksual. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara semi terstruktur serta observasi non-partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana. Uji kredibilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data atau pengambilan data yang didasarkan pada wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap individu memiliki dinamika kecemasan yang berbeda-beda disebabkan berbagai latar belakang. Perbedaan dinamika kecemasan penumpang perempuan KRL ini disebabkan karena adanya perbedaan pengalaman yang dihadapi oleh masingmasing individu. Perbedaan pengalaman yang dialami dapat menghasilkan perbedaan pemikiran, perilaku, gejala fisik yang dialami, hingga perbedaan suasana hati yang dirasakan oleh setiap individu. Penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat kecemasan terhadap tindakan pelecehan seksual kepada perempuan pengguna KRL. Sehingga implikasi penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan oleh para aparat penegak hukum atau pembuat fasilitas dari KRL untuk bisa meningkatkan keamanan juga kenyamanan untuk para penggunanya terlebih pada perempuan. Pengembangan kebijakan perlu diterapkan untuk perlindungan terhadap pengguna KRL

English Abstract

Density within the KRL can increase the likelihood of criminal activities, causing passengers to feel anxious while using public transportation. This study aims to understand the anxiety experienced by female passengers of the Electric Rail (KRL) Commuter Line regarding incidents of sexual harassment. The research method employed in this study is qualitative with a phenomenological approach. Data collection techniques include semi-structured interviews and non-participant observations. Data analysis utilizes Miles, Huberman and Saldana's data analysis technique, with credibility testing through data source triangulation based on interviews. The findings reveal that each individual experiences different dynamics of anxiety due to diverse backgrounds and experiences. These differences in experiences can lead to variations in thoughts, behaviors, physical symptoms, and mood among female KRL passengers. The study underscores ongoing anxiety regarding sexual harassment among female KRL users. Therefore, the implications of this research are critical considerations for law enforcement agencies and KRL facility developers to enhance safety and comfort for all users, especially women. The development of policies is necessary to ensure protection for KRL users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110162
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Penumpang Perempuan, Pelecehan Seksual-Anxiety, Female Passengers, Sexual Harassment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:36
Last Modified: 12 Dec 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Julia Handari Nur Adni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item