Febriani, Dian and Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D. (2024) Konstruksi Maskulinitas pada Tren Skin Care di Indonesia bagi Laki-Laki Pengikut Autobase X @Ohmybeautybank. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konstruksi maskulinitas yang ada di masyarakat memberikan tekanan bagi laki-laki yang tidak dapat memenuhi standarnya. Tekanan tersebut membuat mereka tidak dapat berekspresi sebagai seorang laki-laki secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konstruksi maskulinitas yang terbentuk pada laki-laki pengguna skincare yang tergabung dalam komunitas autobase @ohmybeautybank. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk menganalisis konstruksi maskulinitas yang terbentuk pada setiap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi maskulinitas tercipta dari internalisasi informan atas penekanan di lingkungan keluarga dan sosialnya, serta pengetahuan yang didapatkan melalui peer group dan media sosial tentang maskulinitas. Informan kemudian mewujudkan eksternalisasinya dengan bagaimana mereka mewujudkan pekerjaan rumah tangga, ekspresi emosi dan ketahanan mental, representasi dan identitas diri yang ditampilkan, serta proses adaptasi akan konsep maskulinitas yang mereka yakini. Objektivasi yang terbentuk yakni adanya modifikasi nilai-nilai maskulinitas tradisional, makna maskulinitas baru menjadi satu kesatuan bagi informan, adanya dua identitas maskulinitas yang berbeda, serta pelembagaan nilai maskulinitas baru di keluarga dan peer group.
English Abstract
The construction of masculinity in society puts pressure on men who cannot meet its standards. This pressure makes them unable to fully express themselves as men. This research aims to look at the construction of masculinity formed in male skincare users who are members of the @ohmybeautybank autobase community. The research used a descriptive qualitative method with the social construction theory of Peter L. Berger and Thomas Luckmann to analyze the construction of masculinity formed in each informant. The results showed that the construction of masculinity was created from the informants' internalization of the emphasis in their family and social environment, as well as knowledge gained through peer groups and social media about masculinity. Informants then realize their externalization by how they embody household chores, expressions of emotion and mental resistance, representations and self-identities displayed, and the process of adapting to the concept of masculinity they believe in. The objectivation that is formed is the modification of traditional masculinity values, the meaning of new masculinity becomes one unit for informants, the existence of two different masculinity identities, and the institutionalization of new masculinity values in the family and peer group.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110154 |
Uncontrolled Keywords: | Konstruksi, Maskulinitas, Skin Care-Construction, Masculinity, Skin Care |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231258 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dian Febriani.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |