Josiana, Christela and Abdul Hair, S.I.Kom., M.A. (2024) Smells Like K-Pop Spirit: Analisis Resepsi Penikmat Musik Rock terhadap Lagu-lagu NewJeans. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya popularitas K-Pop yang mendunia, terkhusus di Indonesia, memicu timbulnya suatu kelompok audiens baru, penikmat musik rock yang kini menyukai Girlband NewJeans. Masyarakat lebih memandang laki-laki penikmat musik rock sebagai sosok dengan maskulinitas hegemonik, sedangkan fanboy K-Pop seringkali dipandang dengan stigmatisasi negatif dan dikategorisasikan sebagai laki-laki dengan maskulinitas subordinate. Melalui fenomena baru tersebut, penikmat musik rock yang kini menjadi Fanboy K-Pop, menciptakan suatu paradoksal yang menarik untuk diteliti. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis resepsi audiens Stuart Hall, peneliti berhasil mendapatkan pandangan dari 5 laki-laki penikmat musik rock usia 22-28 tahun, yang berada di Kota Malang, Bandung, dan Semarang. Penelitian mengungkapkan terkait bagaimana lagu-lagu yang dipandang feminin di masyarakat dapat diterima oleh audiens dengan latar belakang maskulinitas hegemonik. Penerimaan ke-3 lagu NewJeans oleh ke-5 informan dapat terjadi karena informan memandang genre musik, terkhusus genre K-Pop sebagai genre yang tidak dipengaruhi oleh gender atau bisa disebut netral gender. Meskipun Ke-5 Informan telah mengalami perilaku serta stigmatisasi negatif, mereka bersifat tidak menyetujui terkait adanya pengkotak-kotakan pada preferensi musik seseorang yang terbentuk melalui stereotip masyarakat, informan lebih memandang lagu K-Pop sebagai suatu genre lagu yang trendy, catchy, up-to-date, dengan beat-beat unik sehingga membuat lagu tersebut menjadi easy listening. Sehingga, meskipun para informan mengalami kendala dalam memaknai arti dari lagu-lagu NewJeans, akibat penggunaan lirik yang mayoritas menggunakan Bahasa Korea, beat serta konsep unik yang ditawarkan oleh NewJeans berhasil melampaui barrier bahasa yang dialami oleh ke-5 informan. Maka pandangan terkait laki-laki yang merupakan fans atau pendengar musik K-Pop sebagai laki-laki dengan maskulinitas subordinate, sudah tidak bisa dipertahankan lagi.
English Abstract
K-Pop's worldwide popularity, especially in Indonesia, has triggered the emergence of a new audience group, namely rock music lovers now fans of Girlband NewJeans. Currently, society perceives male rock music lovers as men with hegemonic masculinity, in contrast to K-Pop fanboys who are still looked at with negative stigmatization and stereotyped as men with subordinate masculinity. Through this new phenomenon, rock music lovers who are now K-pop fanboys create an interesting paradox to be researched. Using Stuart Hall's audience reception analysis method, the researcher got the perspectives of 5 male rock music lovers aged 22-28, located in Malang, Bandung, and Semarang. The research reveals how songs that are stereotyped as feminine in society can be accepted by audiences with a background of hegemonic masculinity. The acceptance of the 3 NewJeans songs by the 5 informants was possible because the informants viewed the music genre, especially the K-Pop genre as a genre that should not be influenced by gender or can be called gender neutral. Although the 5 informants have experienced negative treatment and stigmatization, they disapprove of the compartmentalization of one's musical preferences formed through society's stereotypes, the informants view K-Pop songs as a genre of songs that are trendy, catchy, up-to-date, with unique beats that make the song easy listening. So, although the informants experienced obstacles in interpreting the meaning of NewJeans songs, due to the use of lyrics that were mostly in Korean, the beats and unique concepts offered by NewJeans managed to overcome the language barrier experienced by the 5 informants. Therefore, the view of men who are fans or listeners of K-Pop music as men with subordinate masculinity cannot be maintained anymore.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110152 |
Uncontrolled Keywords: | Genre K-Pop, NewJeans, Rock, Maskulinitas, Analisis Resepsi Audiens. K-Pop Genre, NewJeans, Rock, Masculinity, Audience’s Reception Analysis. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231253 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Christela Josiana.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |