Hadmono, Angela Merici Tantriani and Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D. (2024) Pembagian Peran Gender Dalam Keluarga Guru Perempuan SMA Bunda Hati Kudus Cibubur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
enelitian ini menjelaskan pembagian peran gender dalam keluarga guru perempuan yang mengajar di SMA Bunda Hati Kudus Cibubur. Peran gender ini mencakup peran domestik, peran publik dan peran sosial di komunitas masyarakat. Dalam menilik lebih lanjut peneliti menggunakan metode dengan jenis penelitian kualitatif dan memakai pendekatan deskriptif agar dapat mengidentifikasi secara mendalam terkait pembagian peran gender yang dilakukan oleh suami dan istri dengan melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menunjang kebutuhan data peneliti. Konsep nurture memiliki peran penting pada penelitian ini untuk memperkuat argumen sebab konsep ini terbentuk dari adanya konstruksi sosial budaya yang salah satu nya dipengaruhi oleh keluarga. Hasil pada penelitian ini yakni terdapat pembagian peran domestik, peran publik yang dijalankan suami dan istri serta peran sosial di komunitas masyarakat, selain itu terdapat tantangan yang harus dihadapi ketika mereka menjalani berbagai peran yang berbeda. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini ialah berbagai macam peran dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan karena hal itu terbentuk dari adanya konstruksi sosial budaya walaupun pada realita nya ada beberapa tantangan yang mereka tempuh
English Abstract
This study explains the division of gender roles in female teacher families who teach at Bunda Hati Kudus Cibubur High School. These gender roles include domestic roles, public roles and social roles in community communities. In further examination, researchers used qualitative research methods and used a descriptive approach to identify in-depth gender role sharing by husband and wife through data collection techniques, namely interviews, observation and documentation to support the data needs of researchers. The concept of nurture plays an important role in this study to strengthen arguments because it is formed by the existence of social cultural constructions, one of which is influenced by family. The results of this study are the division of domestic roles, public roles carried out by husband and wife and social roles in the community, in addition there are challenges that must be faced when they perform various different roles. The conclusion that can be drawn in this study is that a wide variety of roles can be performed by both men and women because it is formed by the existence of socio-cultural construction despite the fact that there are several challenges they face
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110143 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Gender, Keluarga, Guru-Gender Role, Family, Teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:51 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231233 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angela Merici Tantriani Hadmono.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |