Motif dan Kepuasan dalam Penggunaan Fitur “Expert Review” pada Aplikasi SOCO by Sociolla

Yudiawan, Aliya Shanaz and Reza Safitri, S.Sos, M.Si, Ph.D. (2024) Motif dan Kepuasan dalam Penggunaan Fitur “Expert Review” pada Aplikasi SOCO by Sociolla. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) dalam penggunaan fitur expert review pada aplikasi e-commerce SOCO by Sociolla. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification sebagai kerangka teori utama. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan data diperoleh dari 271 responden melalui survei online. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif untuk menggambarkan data dan paired sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan antara GS dan GO dalam penggunaan fitur expert review. Motif tertinggi pengguna adalah untuk memperoleh informasi tanpa perlu mengeluarkan biaya, sementara kepuasan tertingi berdasarkan gratification discrepancy berada pada aspek hiburan, yakni konten ulasan prdouk yang menarik minat pengguna, seperti fotografi berkualitas tinggi, inforgrafis, dan layout fitur. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah fitur expert review mampu memberikan kepuasan bagi pengguna. Namun, masih terdapat limitasi dalam penelitian ini, dimana penelitian tidak mempertimbangkan dimensi lain di luar indikator yang digunakan. Misalnya, seperti aspek teknis dari aplikasi, interaksi sosial yang terjadi di dalam aplikasi, atau faktor eksternal lainnya yang mungkin memengaruhi hasil motif dan kepuasan pengguna. Sebagai saran, penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih besar dan beragam untuk memperoleh hasil yang lebih representatif. Indikator dalam penelitian motif dan kepuasan pengguna juga perlu dieksplorasi lebih lanjut karena setiap media memiliki karakteristik dan dinamika pengguna berebeda.

English Abstract

This study aims to analyze the gap between Gratification Sought (GS) and Gratification Obtained (GO) in the use of Expert review feature on the SOCO by Sociolla application. The study employs the Uses and Gratification theory as the main theoretical framework. The research method used is descriptive quantitative, with data obtained from 271 respondents through an online survey. The data analysis technique includes descriptive analysis to describe the data and paired sample t-test to test the hypothesis. The findings indicate a discrepancy between GS dan GO in using the expert review feature. Users highest motives is to obtain information without incurring costs. Meanwhile, the highest satisfaction based on gratification discrepancy occurs in the entertainment aspects, specifically engaging product review content, such as high-quality photography, attractive infographics, and feature layout. The conclusion drawn from the research is that the expert review feature provides satisfaction to users. However, there are limitations in this study, as it does not consider dimensions beyond the indicators used. For instance, technical aspects of the application, social interaction within it, or other external factors that may influence user motives and satisfaction were not fully explored. As a recommendation, future research could use larger and more diverse samples to obtain more representative results. Additionally, exploring indicators for user motives and satisfaction is essential since each media platform has distinct characteristics and user dynamics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110139
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, kesenjangan, fitur expert review-Uses and Gratification, discrepancy, expert review feature
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:51
Last Modified: 12 Dec 2024 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231200
[thumbnail of Aliya Shanaz Yudiawan.pdf] Text
Aliya Shanaz Yudiawan.pdf

Download (22MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aliya Shanaz Yudiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item