Dampak Social-Related dan Work-Related Social Media Usage Terhadap Lecturer Performance Dengan Mediasi Knowledge Sharing dan Job Satisfaction (Studi Pada Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Malang)

Tirtana, Arif and Dr. Christin Susilowati, SE., M.Si and Dr. Desi Tri Kurniawati, SE., MM. (2024) Dampak Social-Related dan Work-Related Social Media Usage Terhadap Lecturer Performance Dengan Mediasi Knowledge Sharing dan Job Satisfaction (Studi Pada Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dosen merupakan agent perubahan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu kinerja dosen merupakan hal yang harus selalu menjadi perhatian dan selalu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media sosial terkait sosial dan pekerjaan terhadap kinerja kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang dimediasi oleh berbagi pengetahuan dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden yang terdiri dari dosen dari universitas swasta di Kota Malang, Indonesia. Ukuran sampel, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, terdiri dari 351 responden dari total populasi sebanyak 2841. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, dan hubungan antar variabel dianalisis menggunakan PLS dengan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media sosial terkait sosial tidak memengaruhi berbagi pengetahuan tetapi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja kerja. Penggunaan media sosial terkait pekerjaan memiliki hubungan positif yang signifikan dengan berbagi pengetahuan, kepuasan kerja, dan kinerja pekerjaan. Berbagi pengetahuan tidak dapat memediasi hubungan antara penggunaan media sosial terkait sosial dan kinerja pekerjaan. Namun, kepuasan kerja dapat memediasi hubungan antara variabelvariabel ini. Berbagi pengetahuan dan kepuasan kerja secara signifikan memediasi hubungan positif antara penggunaan media sosial terkait pekerjaan dan kinerja pekerjaan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi para pemimpin pendidikan tinggi mengenai manajemen media sosial di perguruan tinggi, dengan menekankan penggunaan media sosial yang terkait sosial dan pekerjaan. Keduanya memiliki dampak yang berbeda, terutama pada berbagi pengetahuan. Kebijakan untuk membatasi penggunaan media sosial terkait sosial selama jam kerja diperlukan karena komunikasi informal dapat mengganggu konsentrasi selama bekerja, kelebihan komunikasi juga dapat terjadi akibat komunikasi yang tidak terencana secara berlebihan, dan echo chamber dapat mengakibatkan dosen minoritas lebih banyak melakukan penyembunyian pengetahuan.

English Abstract

Lecturers are agents of change who create high-quality and competitive human resources for the advancement of the nation. Therefore, the performance of lecturers is something that must always be focused and continually improved. This study aims to analyze the impact of social and work-related social media usage on lecturer performance, both directly and indirectly, mediated by knowledge sharing and job satisfaction. The research employs a quantitative method, with respondents comprising lecturers from private universities in Malang City, Indonesia. The sample size, determined using Slovin's formula, consists of 351 respondents from a total population of 2841. Data collection was conducted through questionnaires, and the relationships between variables were analyzed using PLS with the SmartPLS application. The hypothesis analysis results indicate that social-related social media usage does not affect knowledge sharing but positively influences job satisfaction and lecturer performance. Work-related social media usage has a significant positive relationship with knowledge sharing, job satisfaction, and lecturer performance. Knowledge sharing cannot mediate the relationship between social-related social media usage and lecturer performance. However, job satisfaction can mediate the relationship between these variables. Knowledge sharing and job satisfaction significantly positively mediate the relationship between work-related social media usage and lecturer performance. The results of this study provide insights for higher education leaders regarding the management of social media in higher education institutions, emphasizing both social and work-related social media usage. Both have different impacts, especially on knowledge sharing. Policies to restrict social-related social media usage during work hours are necessary because informal communication can disrupt concentration during work, communication overload can also occur due to excessive unplanned communication, and echo chambers can result in minority lecturers engaging more in knowledge hiding.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: -
Uncontrolled Keywords: social-related social media usage, work-related social media usage, knowledge sharing, job satisfaction, lecturer performance.social-related social media usage, work-related social media usage, knowledge sharing, job satisfaction, lecturer performance.
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:37
Last Modified: 01 Oct 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231173
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arif Tirtana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item