Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pemberiankreditumummodalkerjadalam Rangkameningkatkanpengendalianintern (Studi Kasus Pada Pt.Bank Jatim Cabang Malang)

Sutrisno, Eunike Ellen and Drs. Muhammad Saifi, M.Si and Drs. Dwiatmanto, M.Si (2006) Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pemberiankreditumummodalkerjadalam Rangkameningkatkanpengendalianintern (Studi Kasus Pada Pt.Bank Jatim Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bank Jatim Cabang Malang,merupakan Bank Pembangunan Daerah yang bertujuan untuk membantu serta mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan taraf hidup rakyat banyak. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Jatim Cabang Malang adalah dengan menyediakan sumber dana untuk pembiayaan usaha atau yang lebili dikenal dengan sebutan kredit umum modal keija Sebelum memberikan dana kredit, bank terlebih dahulu melakukan penilaian terhadap debitur agar dapat diperoleh keyakinan bahwa dana kredit yang diberikan akan benar-benar kembali. Aspek penilaian yang dilakukan meliputi analisis kuantitatif yang mencakup aspek keuangan serta analisis kualitatif yang mencakup aspek hukum, pemasaran {marketing), manajemen, operasional, sosial ekonomi dan analisa mengenai dampak lingkungan. Dalam kriteria penilaian yang dilakukan tersebut telah terkandung analisis 5 C yang meliputi character, capacity, capital, collateral dan condition. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Konsep yang digunakan adalah konsep sistem dan prosedur pemberian kredit serta konsep sistem pengendalian intern. Penerapan sistem dan prosedur pemberian kredit umum modal kerja pada PT. Bank Jatim Cabang Malang telah cukup mencenninkan adanya pengendalian intern, namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam beberapa hal yaitu Account Officer memegang peran yang sangat dominan dalam hal pemberian kredit. Untuk menghindari kemungkinan adanya penyalahgunaan wewenang, maka sebaiknya peran Account Officer untuk menganalisis nasabah dibagi denganPenyeliaPemasaran dan KKP yaitu dalam hal wawancara pendahuluan dengan calon debitur, barn kemudian hasil wawancara tersebut didisposisikan kepada Account Officer untuk dilakukan kunjungan ke lapangan. Penyelia Pemasaran dan KKP selain sebagai anggota komite kredit, hendaknya juga menjadi pejabat yang menerbitkan Instruksi Pencairan Kredit. Guna meningkatkan pengendalian intern, maka Auditor Intern perlu melakukan pemeriksaan mendadak {surprised audit) kepada setiap bagian yang ada, khususnya yang berkaitan dengan pemberian kredit umum modal keija maupun kepada calon debitur untuk menilai kebenaran Laporan Kunjungan Nasabah yang dibuat oleh Account Officer. Formulir yang digunakan dalam proses pemberian kredit umum modal keija sudah memenuhi tolak ukur formulir yang baik, namun masih perlu adanya formulir yang lain untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pemberian kredit umum modal keija Beberapa formulir, kartu maupun buku registrasi yang dapat digunakan untuk menunjang efisiensi dan efektifitas proses kredit umum modal keija, yaitu buku registrasi berkas permohonan kredit umum modal keija, formulir registrasi calon debitur, formulir permohonan kredit umum modal keija, buku registrasi peijanjian dan pencairan kredit umum modal keija serta instruksi pencairan kredit umum modal keija.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050403
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:18
Last Modified: 25 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231063
[thumbnail of EUNIKE ELLEN SUTRISNO.pdf] Text
EUNIKE ELLEN SUTRISNO.pdf

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item